Irwan Febri Rialdi
Asnawi Mangkualam dan Sandy Walsh. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bakal memiliki dua opsi pemain berkualitas di sektor bek kanan, yakni Asnawi Mangkualam dan Sandy Walsh, pada dua laga FIFA Matchday yang akan datang.

Hadirnya Asnawi Mangkualam dan Sandy Walsh bakal membuat sektor bek kanan Timnas Indonesia menyajikan persaingan yang sengit. Pasalnya, kedua pemain ini sama-sama mempunyai kualitas.

Meskipun levelnya masih berbeda, Asnawi Mangkualam dan Sandy Walsh juga sama-sama berkarier di luar negeri. Asnawi saat ini berkarier bersama klub kasta kedua Liga Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Tiket Timnas Indonesia vs Argentina yang Ludes Terjual dalam Hitungan Menit

Sementara itu, Sandy memiliki karier yang lebih moncer bersama klub kasta tertinggi Liga Belgia, KV Mechelen. Keduanya diharapkan bisa memberikan penampilan terbaiknya saat berjumpa Palestina dan Argentina.

Dari segi harga basar, nominal antara keduanya memang menyajikan ketimpangan yang cukup drastis. Sandy, misalnya, berstatus sebagai pesepak bola termahal di skuad Garuda karena harga pasarnya mencapai Rp34,76 miliar.

Nilai sebesar ini sebetulnya tak begitu mengagetkan. Pasalnya, pemain keturunan Indonesia-Belanda itu berkarier di Eropa. Dia juga punya pengalaman bermain bersama klub-klub kasta tertinggi Liga Belgia.

Baca Juga:
Perbandingan Harga Pasar Rafael Struick vs Ramadhan Sananta, Striker PSM Makassar Unggul Jauh

Sementara itu, Asnawi Mangkualam nilai pasarnya memang hanya menyentuh angka Rp5,65 miliar. Jumlah ini sebetulnya sudah cukup tinggi karena dia berstatus sebagai pemain lokal termahal di Timnas Indonesia.

Selain Asnawi, status sebagai pemain lokal termahal di Timnas Indonesia ini juga memunculkan nama-nama seperti Rachmat Irianto (Persib Bandung) dan Rizky Ridho (Persija Jakarta) yang punya nilai yang sama.

Dari segi performa, Sandy Walsh juga masih terhitung lebih baik ketimbang Asnawi. Pada musim 2022-2023, pemain berusia 28 tahun itu sukses menyumbang tiga gol dan tiga assist dari 30 penampilannya bersama KV Mechelen.

Baca Juga:
Pujian Selangit Media Malaysia Kepada Jordi Amat: Beruntung JDT Punya Dia

Sementara itu, Asnawi hanya mampu membukukan dua assist dari sembilan penampilannya bersama Jeonnam Dragons yang kini tertahan di peringkat kesembilan K League 2 2023.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More