Rauhanda Riyantama
CEK FAKTA: Pangeran MBS Jadi Sponsor Laga Timnas Indonesia vs Argentina, Cair!

Bolatimes.com - Beredar informasi jika Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) menjadi sponsor laga Timnas Indonesia vs Argentina di FIFA Matchday Juni 2023. Benarkah?

Informasi tersebut diedarkan oleh kanal YouTube GARUDA JAYA yang terlihat dari Thumbnail video maupun judul yang digunakannya.

Dalam Thumbnail video terlihat foto Joko Widodo, Erick Thohir, Gianni Infantino, dan Lionel Messi dengan tulisan bahwa Pangeran MBS beri sponsor untuk Indonesia jelang lawan Argentina.

Baca Juga:
Fajar/Rian Tersingkir Dini dari Singapore Open 2023, Coach Naga Api: Permainannya Tidak Normal

Bahkan, dalam video yang diunggah GARUDA JAYA itu, secara gamblang tertulis bahwa Pangeran MBS memberi kabar gembira jelang duel Timnas Indonesia vs Argentina.

“KABAR GEMBIRA !! Pangeran MBS Lakukan Ini Jelang Laga INDONESIA VS ARGENTINA Di FIFA Macthday,” bunyi judul video kanal GARUDA JAYA.

Baca Juga:
Dipanggil Palestina untuk Lawan Timnas Indonesia, Eks Persib Bandung Dapat Sambutan Tak Terduga dari Marc Klok

Hingga artikel ini dibuat, Selasa (6/6), video unggahan kanal GARUDA JAYA itu sudah ditonton sebanyak 4,9 ribu kali dan menuai tiga komentar dari netizen.

PENJELASAN

Video unggahan kanal GARUDA JAYA itu dibuka dengan pernyataan bahwa laga Timnas Indonesia vs Argentina mendapat sponsor dari Pangeran MBS.

Baca Juga:
Gagal Bersinar di Prancis, Bintang Timnas Vietnam Diklaim Jadi Rebutan

Bahkan video tersebut diteruskan dengan narasi bahwa Pangeran MBS akan datang ke Indonesia untuk menonton duel ini.

Hanya saja, narasi video itu menyebutkan belum mengetahui pasti apa sponsor yang akan diberikan untuk laga Timnas Indonesia vs Argentina ini.

Setelah narasi tersebut, kanal GARUDA JAYA meneruskan videonya dengan narasi mengenai sosok Pangeran Muhammad Bin Salman itu.

Baca Juga:
Ada Eks Persib Bandung, Palestina Rilis 23 Pemain Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Pembahasan mengenai sosok Pangeran MBS ini pun tercermin dari narasi yang menyebutkan bahwa dirinya Perdana Menteri Arab Saudi yang punya kekayaan berlimpah ruah.

Kekayaan Pangeran MBS pun diungkap oleh narasi video GARUDA JAYA yang kemudian diakhiri dengan klaim bahwa sponsor yang diberikan untuk duel Timnas Indonesia vs Argentina bukanlah hal yang mengherankan.

KESIMPULAN

Berdasarkan Thumbnail, judul, dan narasi dalam video tersebut, informasi yang diberikan kanal GARUDA JAYA tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

Pasalnya, tak ada kabar yang menyebutkan bahwa Pangeran MBS akan menjadi sponsor dan menonton duel Timnas Indonesia vs Argentina ini.

Selain itu, belakangan sponsor untuk duel ini diketahui berasal dari dalam negeri, seperti BRI, perusahan telekomunikasi, perusahaan mie instan, hingga perusahaan tambang di Indonesia.

Adanya kabar ini membuktikan bahwa klaim kanal GARUDA JAYA bahwa Pangeran MBS menjadi sponsor laga Timnas Indonesia vs Argentina bukanlah hal yang sesuai fakta di lapangan.

Terlebih lagi tak ada kabar apapun mengenai bakal hadirnya Pangeran MBS ke laga Timnas Indonesia vs Argentina seperti yang dikabarkan kanal GARUDA JAYA.

Berdasarkan fakta yang ada, maka informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube GARUDA JAYA masuk dalam kategori hoaks karena tak sesuai dengan fakta belakangan ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More