Rauhanda Riyantama
Dua legenda Timnas Indonesia, Charis Yulianto dan Haryanto Prasetyo jadi asisten Shin Tae-yong di FIFA Matchday Juni 2023. (PSSI)

Bolatimes.com - Dua legenda Timnas Indonesia resmi menjadi asisten Shin Tae-yong jelang melawan Palestina dan Argentina di FIFA Matchday Juni 2023. Mereka adalah Charis Yulianto dan Haryanto Prasetyo.

Mereka nampak bergabung saat pemusatan latihan Timnas Indonesia di Jakarta. Masuknya Charis dan Haryanto merupakan permintaan langsung dari Shin Tae-yong.

"Tentu ini akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa karena ini juga sangat penting untuk karier saya," kata Haryanto Prasetyo dilansir dari laman PSSI.

Baca Juga:
Media Eropa Kabarkan Jay Idzes Segera Diproses Naturalisasi Demi Bela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Charis Yulianto bermain di era 2004 hingga 2010. Sedangkan Haryanto Prasetyo yang juga adik kandung dari Indriyanto Nugroho (asisten pelatih timnas Indonesia U-16) juga pernah menjadi pemain tim nasional.

Khusus Haryanto Prasetyo sebelumnya pernah ikut Shin Tae-yong melatih saat timnas Indonesia U-20 untuk pemusatan latihan di Turki.

"Meskipun ini hanya masa percobaan, ini sudah kedua kalinya saya ikut Shin Tae-yong. Tentunya ini kepercayaan yang tidak ternilai bagi saya,” ia menambahkan.

Baca Juga:
Dirumorkan Gabung Liga 1, Pemain Termahal Vietnam Diincar Tim Eropa

Sementara itu, bagi Charis Yulianto ini merupakan pengalaman baru baginya. Ia tak akan sia-siakan kesempatan melatih tim nasional bersama Shin Tae-yong.

“Tentunya ini kesempatan baik, mungkin sama seperti Haryanto, akan sangat berguna bagi karier saya. Namun, saya harus mengikuti kultur baru dari pelatihan yang diterapkan oleh Shin Tae-yong," ujar Charis.

"Adanya sosok coach Nova (Arianto) pastinya akan membuat saya dapat lebih memanfaatkan apa yang diterapkan di timnas Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga:
Australia Umumkan Skuad untuk Lawan Argentina, Ada Nama Rekan Setim Shayne Pattynama

Timnas Indonesia akan menghadapi Palestina terlebih dahulu di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 14 Juni 2023. Lima setelahnya baru menjamu Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Load More