Irwan Febri Rialdi | Arief Apriadi
Rafael Struick dan Ivar Jenner menjalani TC bersama Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Dua pemain naturalisasi anyar di Timnas Indonesia, Rafael Struick dan Ivar Jenner, terancam turun kelas setelah diminati oleh pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri.

Rafael Struick dan Ivar Jenner merupakan dua pemain keturunan Belanda-Indonesia yang naturalisasinya diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia U-20.

Setelah Piala Dunia U-20 2023 batal bergulir di Indonesia, kedua pemain tetap meneruskan proses naturalisasi yang akhirnya rampung pada 22 Mei lalu.

Baca Juga:
Timnas Indonesia vs Palestina, 10 Persen Penjualan Tiket Disumbangkan untuk Palestina

Dengan batalnya Timnas Indonesia tampil di Piala Dunia U-20 2023 menyusul hilangnya status tuan rumah, Shin Tae-yong memberikan keduanya kesempatan untuk menunjukkan kemampuan di tim senior.

Ivar Jenner dan Rafael Struick dipanggil untuk menjalani TC Timnas Indonesia senior persiapan jelang FIFA Matchday Juni 2023 kontra Palestina dan Argentina.

Indra Sjafrie, pelatih Timnas Indonesia U-23 (pssi.org)

Namun, belum juga keduanya menjalani debut di tim senior, pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri mengisyaratkan juga tertarik untuk memakai jasa mereka.

Baca Juga:
Profil Thom Haye, Pemain Keturunan Indonesia di SC Heerenveen yang Dipantau PSSI

Artinya, Ivar Jenner dan Rafael Struick bisa disebut turun kelas andai bermain untuk Timnas Indonesia U-23 mengingat keduanya kini sudah dipercaya masuk tim senior.

Fenomena pemain Timnas Indonesia "turun kelas" kerap terjadi selama bertahun-tahun ke belakang, dengan contoh terbaru bisa dilihat di skuad SEA Games 2023.

Saat menjadi juara SEA Games 2023, Indra Sjafri banyak memanggil para pemain yang sejatinya sudah bermain reguler bersama Timnas Indonesia level senior seperti Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, Witan Sulaeman hingga Pratama Arhan.

Baca Juga:
Tak Anggap Remeh, Komentar Gelandang Argentina Jelang Lawan Timnas Indonesia

Load More