Irwan Febri Rialdi
Jacob Mahler gabung Madura United. (Instagram/@jacob.mahler)

Bolatimes.com - Sebagian besar nama pemain yang akan mengisi slot ASEAN pada kompetisi Liga 1 atau Liga Indonesia musim depan ternyata juga menyandang status naturalisasi. Mereka memang kini sudah berpaspor negara Asia Tenggara.

Namun, apabila melihat catatan kelahirannya, sebagian besar pemain ini justru tak berasal dari ASEAN. Mereka tersebar dari Eropa hingga Brasil. Setidaknya, ada sembilan nama pemain yang berstatus naturalisasi.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pesepak bola berpaspor ASEAN yang berstatus naturalisasi di Liga 1 musim depan.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Ditantang Dua Tim Kuat, Marselino Ferdinan Minta Dukungan Suporter

1. Daisuke Sato (Persib Bandung)

Daisuke Sato merupakan pesepak bola kelahiran Filipina yang akan kembali memperkuat Persib Bandung pada musim depan. Pemain ini dibilang memiliki darah keturunan Jepang. Dia juga dibesarkan di Negeri Matahari Terbit.

2. Mike Ott (Barito Putera)

Baca Juga:
Video Aksi Impresif Asnawi Mangkualam Bantu Jeonnam Dragons Raih Kemenangan, Lionel Messi Siap Siaga Nih

Barito Putera masih akan mempercayakan lini tengahnya kepada pemain berpaspor Filipina, Mike Rigoberto Ott. Pemain berusia 28 tahun ini berstatus keturunan. Dia tercatat lahir di Jerman dan mengawali kariernya di sana.

3. Christian Rontini (Persita Tangerang)

Persita Tangerang juga sudah menemukan pemain pilihannya untuk mengisi slot Asia Tenggara pada musim depan. Pilihan itu jatuh pada Christian Rontini, bek kelahiran Italia yang sudah resmi menjadi warga negara Filipina.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 Butuh Amunisi, Indra Sjafri Isyaratkan Panggil Ivar Jenner dan Rafael Struick

4. Symen Lyngbo (Persik Kediri)

Selanjutnya, ada nama bek kanan Timnas Filipina, Symen Lyngbo, yang akan mewarnai kompetisi kasta tertinggi musim depan. Pemain yang sudah menjadi warga negara Filipina ini statusnya naturalisasi karena dia lahir di Baerum, Norwegia.

5. Pedro Henrique (Persikabo 1973)

Baca Juga:
Cocoklogi Ala Perjalanan Karier Michael Essien, Eden Hazard Bisa Berseragam Persib Bandung?

Striker Persikabo 1973, Pedro Henrique, juga tercatat sebagai pemain naturalisasi di Liga 1. Penyerang berusia 31 tahun ini memang sudah berpaspor Timor Leste, tetapi dia tercatat lahir di Sao Paulo, Brasil.

6. Jacob Mahler (Madura United)

Madura United beruntung mendapatkan sosok bek muda berkualitas dalam diri Jacob Mahler. Pemain yang sudah mencatat debut bersama Timnas Singapura ini juga berstatus naturalisasi. Dia lahir di Copenhagen, Denmark.

7. Song Ui-young (Persebaya Surabaya)

Selanjutnya, kompatriot Jacob Mahler di Timnas Singapura, Song Ui-young, juga telah resmi mendapatkan klub di Liga 1. Pemain yang terlahir di Incheon, Korea Selatan, ini bakal memperkuat Persebaya Surabaya.

8. Kiki Linares (PSM Makassar)

Selanjutnya, pemain berstatus naturalisasi yang akan mengisi slot Asia Tenggara di Liga 1 musim depan ialah Kiki Linares. Pemain PSM Makassar ini memang sudah resmi menjadi warga negara Filipina, tetapi dia terlahir di Spanyol.

9. Anthony Pinthus (PSS Sleman)

Berikutnya, ada sosok kiper kelahiran Swiss dan berpaspor Filipina, Anthony Pinthus. Kiper Timnas Filipina ini resmi memperkuat PSS Sleman untuk Liga 1 musim depan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More