Rauhanda Riyantama
Kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi (@emil_audero/Instagram)

Bolatimes.com - Tak hanya soal isu kepindahannya ke Lazio, Emil Audero Mulyadi bikin geger jagat sepak bola Indonesia usai diisukan membuka peluang naturalisasi.

Pemicu kabar jika Emil Audero Mulyadi mengirim kode naturalisasi berawal dari aksinya mengikuti akun Instagram Erick Thohir selaku Ketum PSSI.

Terbilang hanya hal sepele, namun keputusan Emil Audero mengikuti Erick Thohir di media sosial menyiratkan banyak tanda tanya.

Baca Juga:
3 Alasan Emil Audero Mulyadi Cocok Gabung Lazio

Mengapa dan buat apa? dua pertanyaan yang membuat netizen Tanah Air mengeluarkan spekulasi liar perihal masa depan Emil Audero dan kewarganegaraan.

Salah satunya Emil Mulyadi yang dinilai melempar kode agar PSSI kembali mengajukan penawaran naturalisasi terhadap dirinya.

Fakta bahwa kesempatan Emil membela Timnas Indonesia tidak mendapat restu dari sang ayah, Edy Mulyadi yang berharap putranya tampil di Piala Dunia bersama Timnas Italia.

Baca Juga:
Profil Al Ittihad, Klub Arab Saudi yang Resmi Datangkan Karim Benzema

Edy Mulyadi bahkan meremehkan Indonesia, ia mempertanyakan hal apa yang bisa diberikan negaranya untuk sang anak jika memutuskan dinaturalisasi.

"Mimpi kali, kalau Emil ingin bermain di Piala Dunia ya harus diambil di sana (Timnas Italia)," ucap Edy Mulyadi.
 
"Indonesia lolos Asia saja enggak, apalagi Piala Dunia. Enggak usah, apa sih penghargaannya di Indonesia," imbuhnya.

Terlepas dari sesumbar mulut besar sang ayah, beberapa alasan ini bisa membuat otak Emil Audero berpikir keras untuk memilih dinaturalisasi Indonesia, berikut di antaranya.

Baca Juga:
Songong, Media Vietnam Sebut Doan Van Hau Kemahalan Buat Klub Indonesia

1. Bukan Pilihan Timnas Italia

Mimpi Emil adalah memperkuat Timnas Italia, namun takdir berkehendak lain karena Negeri Pissa memiliki banyak kiper terbaik.

Habis era Gianluigi Buffon muncul Gianluigi Donnarumma, kiper nomor satu Timnas Italia saat ini, belum lagi Alex Meret yang bermain untuk Napoli.

Baca Juga:
5 Pesepak Bola Top yang Pensiun di Usia 40 Tahun, Terkini Zlatan Ibrahimovic

Bahkan masih ada sosok kiper ketiga Timnas Italia yang saat ini membela Empoli, Guglielmo Vicario yang tampil cemerlang di musim ini.

2. Dedragdasinya Sampdoria

Emil Audero gagal menjaga Sampdoria bertahan di Serie A setelah dipastikan degradasi ke Serie B untuk musim depan.

Musim ini Sampdoria hanya merengkuh 19 poin dan bertengger di dasar klasemen akhir Liga Italia Serie A musim 2022-2023.

Emil bermain sebanyak 25 laga dan kebobolan 39 gol di musim ini, bermain di Serie B tentu bukan impian sang pemain.

Tampil bersama Timnas Indonesia tentu pilihan terbaik dengan sederet agenda penting di masa depan, termasuk Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

3. Timnas Indonesia On Fire

Meski berstatus tim lemah di level Asia, Timnas Indonesia bisa jadi kuda hitam di Piala Asia 2023 di Qatar, Januari 2024 mendatang.

Tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam, ajang ini satu level dengan Piala Afrika dan Copa Amerika.

Bukan tak mungkin bagi Emil menginginkan tampil di ajang bergengsi seperti itu, mengingat kualitasnya seperti disia-siakan Italia yang didambanya.

Kontributor: Eko
Load More