Rauhanda Riyantama
Selebrasi Witan Sulaeman usai cetak gol saat Persija Jakarta kalahkan PSS Sleman 5-0. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Pergantian homebase atau kandang menjadi hal yang cukup terlihat dari para klub Liga 1 jelang bergulirnya Liga 1 2023/24.

Di lain sisi, klub-klub yang sudah memiliki kandang masih akan menempati stadion kebesaran mereka untuk mengarungi musim depan.

Namun tidak dengan lima tim Liga 1 yang harus berganti kandang untuk menjamu lawannya musim depan. Arema FC menjadi tim paling jauh yang harus “mengungsi”.

Baca Juga:
Top, 6 Legenda Sepak Bola Dunia Ramai-ramai Berkunjung ke Indonesia, Siapa Saja?

Buntut pecahnya tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan pada Oktober tahun lalu yang menewaskan lebih dari 130 orang, Arema tak bisa menggunakan Stadion Kanjuruhan lagi untuk sementara waktu.

Arema sebetulnya sudah menjadi tim musafir sejak gelaran Liga 1 2022/23 dimulai kembali. Beberapa kali Arema harus berpindah-pindah kandang.

Pengajuan Arema untuk menggunakan stadion di Jawa Timur sebagai homebase baru pun sulit tercapai karena beberapa pertimbangan di antaranya izin keamanan.

Baca Juga:
Daftar 9 Pemain Asia Tenggara yang Akan Ramaikan Kompetisi Liga 1 Musim 2023-2024

Oleh karena itu, Arema FC harus “terbuang” cukup jauh musim depan dengan menjadikan Stadion Kapten I Wayan Dipta sebagai homebase baru.

Kemudian ada Persija Jakarta yang menjadikan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) sebagai homebase di Liga 1 2023/24 usai musim lalu berkandang di Stadion Patriot, Bekasi.

Meski begitu, Stadion Patriot tidak serta merta menganggur karena di musim depan bakal dijadikan homebase baru oleh dua tim.

Baca Juga:
Alasan Erick Thohir Tunjuk Stadion Manahan Solo sebagai Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Mereka adalah Bhayangkara FC dan RANS Nusantara yang memilih bermarkas di Stadion Patriot. Musim lalu, RANS Nusantara berkandang di Stadion Pakansari, Bogor.

Kemudian ada Persikabo 1978 yang menjadikan Stadion Wibawa Mukti sebagai homebase mereka di Liga 1 2023/24. Sebelumnya Stadion Wibawa Mukti menjadi homebase Bhayangkara FC.

Klub Liga 1 yang berganti homebase di musim 2023/2024:

Baca Juga:
Usai Antar Manchester City Juara Piala FA, Ilkay Gundogan Diharapkan Tetap Bertahan

RANS Nusantara FC: Stadion Patriot, Bekasi

Bhayangkara FC: Stadion Patriot, Bekasi

Persikabo 1978: Stadion Wibawa Mukti, Bekasi

Persija Jakarta: Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta

Arema FC: Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More