Irwan Febri Rialdi
Bintang Feyenoord, Jordy Wehrmann yang merupakan pemain keturunan Indonesia jadi incaran AS Roma. (Instagram/jordywehrmann)

Bolatimes.com - PSSI bisa mempertimbangkan sejumlah nama pemain dengan status Grade A yang layak dinaturalisasi untuk menggantikan bek keturunan Indonesia-Belanda, Justin Hubner, yang batal menjadi WNI.

Sebab, masih ada beberapa nama pemain keturunan yang punya kualitas mumpuni untuk dijadikan andalan Timnas Indonesia pada masa depan. Mereka bisa berpeluang jadi WNI karena punya garis keturunan Indonesia.

Staf Ahli Khusus Menpora untuk Urusan Atlet Diaspora, Hamdan Hamedan, sebetulnya sudah menyebutkan bahwa tiga pemain Grade A ini punya kualitas yang mumpuni untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Ubah Mental Wasit Indonesia, PSSI Minta Bantuan Federasi Sepak Bola Jepang

"Saya cukup mengetahui ketiga nama (Jordy Wehrmann, Jay Idzes, dan Ragnar Oratmangoen) punya kualitas bagus buat  timnas Indonesia. Tapi, yang bertugas menaturalisasi mereka adalah PSSI," ujar Hamdan Hamedan dalam wawancara di Youtube milik Yussa Nugraha.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pemain berstatus Grade A yang layak dinaturalisasi untuk menggantikan Justin Hubner.

1. Jordy Wehrmann (ADO Den Haag)

Baca Juga:
Tiga Atlet Renang DIY Dapat Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri, Ada Yang di Belanda

Jordy Wehrmann merupakan gelandang tengah yang usianya masih muda. Pemain berusia 24 tahun ini barkarier bersama ADO Den Haag dengan status pinjaman dari klub asal Swiss, FC Luzern.

Pada musim 2022-2023, Jordy memainkan 15 pertandingan bersama ADO Den Haag di ajang Eerste Divisie alias kompetisi kasta kedua Liga Belanda. Dia turut menyumbang satu gol untuk timnya.

Apabila PSSI menaturalisasi Jordy, maka opsi pemain di lini tengah akan bertambah. Sehingga, tim pelatih Timnas Indonesia bisa mendapatkan alternatif baru.

Baca Juga:
Tak Dapat Panggilan Timnas Indonesia vs Argentina, Dewangga Pilih Habiskan Waktu untuk Liburan

2. Jay Idzes (Go Ahead Eagles)

Selanjutnya, pemain yang juga patut dipertimbangkan untuk dinaturalisasi oleh PSSI ialah Jay Idzes. Pemain berusia 23 tahun ini punya kemampuan yang unik.

Dengan postur mencapai 190 cm, Jay Idzes bisa bermain di sejumlah posisi. Selain bek tengah, dia juga bisa diplot sebagai gelandang tengah maupun bertahan.

Baca Juga:
Latihan Mandiri di Belanda, Gelandang Timnas Indonesia Janjikan Hal Ini untuk Persib Bandung

Keunggulan postur tubuh inilah yang patut dipertimbangkan oleh PSSI. Sebab, Timnas Indonesia juga butuh pemain yang memiliki tinggi badan yang ideal.

3. Ragnar Oratmangoen (FC Groningen)

Pemain keturunan ketiga yang masuk dalam kategori Grade A ialah Ragnar Oratmangoen. Pemain berusia 25 tahun ini memiliki garis keturunan Indonesia-Belanda.

Saat ini, dia bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Belanda, FC Groningen. Dia memang sudah sering berpindah-pindah klub di Liga Belanda.

Posisi naturalnya sebetulnya jadi sayap kiri. Namun, ternyata pemain kelahiran 21 Januari 1998 ini belakangan bisa bermain sebagai gelandang tengah dan bertahan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More