Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Bangbang Syamsudar, wasit terbaik BRI Liga 1 2022-2023. [PT Liga Indonesia Baru]

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, ingin mengubah mental wasit Indonesia dengan meminta bantuan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA).

Adapun dalam beberapa kesempatan memang wasit sepak bola di Indonesia kerab disorot lantaran kinerja yang kurang memuaskan. Bahkan, beberapa pelatih di Liga 1 2022/2023 banyak melakukan protes.

Salah satu yang paling keras adalah Bernardo Tavares. Sosok asal Portugal itu terus menuntut agar adanya peningkatan kinerja wasit.

Baca Juga:
Tiga Atlet Renang DIY Dapat Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri, Ada Yang di Belanda

Kini, PSSI era Erick Thohir kelihatan serius melakukan pembenahan. Salah satunya dengan melakukan kerja sama dengan JFA.

"Kita punya rencana (PSSI) empat tahun ke depan. Tapi saya butuh proses yang cepat," kata Erick Thohir dilansir dari laman Instagramnya, Sabtu (3/6/2023).

"Pertama yang harus kita lakukan adalah membuat struktur. Tentu saya butuh bantuan jika memungkinkan mengirim dua orang (dari JFA) full time," jelasnya.

Baca Juga:
Tak Dapat Panggilan Timnas Indonesia vs Argentina, Dewangga Pilih Habiskan Waktu untuk Liburan

Dalam pertemuan ini, sosok yang menjabat sebagai Menteri BUMN ini menambahkan beberapa langkah sudah dilakukan PSSI untuk mengatasi masalah wasit. Salah satunya adalah meningkatkan kesejahteraanya.

Selain itu, wasit-wasit di Tanah Air sudah dilengkapi dengan asuransi. Mereka tak perlu khawatir lagi perihal kesehatannya.

"Untuk mengubah mental wasit, saya memastikan mereka cukup dalam ekonomi. Jadi saya melakukan dengan memberi jaminan kepada mereka untuk mendapatkan asuransi," jelasnya.

Baca Juga:
Latihan Mandiri di Belanda, Gelandang Timnas Indonesia Janjikan Hal Ini untuk Persib Bandung

"Asuransi penuh untuk mereka (wasit)," pungkas mantan presiden Inter Milan tersebut.

Load More