Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Timnas Vietnam kena apes. (YouTube/Injury Time TV)

Bolatimes.com - Wacana duel Timnas Vietnam melawan Brasil mencuat setelah pernyataan menarik yang dilontarkan Duta Besar Brasil untuk Vietnam, Marco Farani.

Lewat pernyataan Marco Farani, kanal YouTube Injury Time TV menyebut Vietnam kena apes usai niat pamer ke Indonesia.

Kanal Injury Time TV menggiring narasi bahwa Vietnam berencana mengundang Brasil untuk laga persahabatan lewat Marco Farani.

Baca Juga:
Resmi Rekrut Wonderkid Timor Leste, PSIS Semarang Bongkar Tanggal Lahir Gali Freitas

Farani dengan status Dubes Brasil dinilai mampu sebagai jembatan penghubung rencana tersebut, meski sekadar rencana.

Pihak Brasil pun belum menanggapi dan memberi kepastian terkait adanya rencana tersebut, namun kanal YouTube Injury Time TV mengklaim tawaran Vietnam sudah ditolak.

"Viernam kena apes, niat pamer ke Indonesia malah ditolak mentah-mentah oleh Brasil." bunyi judul video kanal Injury Time TV.

Baca Juga:
Profil Claudio Fabian Tapia, Presiden Argentina FA yang Puji Kemampuan Shin Tae-yong

Sejak diunggah pada 1 Juni 2023 lalu, video kanal Injury Time TV itu sudah disaksikan lebih dari 5 ribu penonton hingga saat ini.

PENJELASAN

Media Vietnam, TheThao247.vn pada 25 Mei 2023 lalu mewartakan rencana Marco Farani selaku Dubes Brasil untuk Vietnam perihal laga uji coba.

Baca Juga:
Baru Direkrut, Dirtek Vietnam Sesumbar Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026

Antara Timnas Vietnam melawan Brasil dalam sebuah pertandingan persahabatan, rencana itu muncul setelah Farani memahami budaya lokal setempat.

Di mana disebutkan bahwa orang Vietnam sangat menyukai musik dan sepak bola Brasil, karena itu tak mustahil untuk mendatangkan Timnas Brasil.

Duel Vietnam melawan Brasil juga pernah terjadi pada 2008 silam, tepat sebelum Negeri Samba mengikuti Olimpiade Beijing.

Baca Juga:
4 Pemain Paling Gacor di Piala Dunia U-20 2023, Wonderkid Chelsea Mengerikan

Ronaldinho dkk sukses mengalahkan Vietnam dengan skor 2-0, riwayat pertandingan itu akan menjadi sejarah yang bisa terulang.

Meskipun pihak Brasil belum menanggapi rencana tersebut, hingga saat ini tidak ada perkembangan dari pernyataan Farani.

Vietnam pun memilih Hong Kong dan Suriah sebagai lawan di FIFA Matchday Juni 2023, bukan Brasil atau tim Amerika Latin lainnya.

KESIMPULAN

Rumor pertandingan persahabatan Vietnam melawan Brasil baru sebatas rencana, belum ada kepastian digelar atau tidaknya laga.

Selain itu inisiasi dari pertandingan tersebut juga dari Duta Besar, bukan inisiatif federasi sepak bola kedua negara.

Bisa terwujud atau tidak, hanya tinggal menunggu waktu setidaknya sampai FIFA Matchday Juni selesai dan menatap laga selanjutnya.

Kontributor: Eko
Load More