Arif Budi Setyanto
PSIS Semarang umumkan rekrutan barunya, Gali Freitas. (Dok. PSIS)

Bolatimes.com - PSIS Semarang menambah daya gedor baru jelang Liga 1 Indonesia musim depan. Tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar merekrut wonderkid Timor Leste, Gali Freitas.

Gali Freitas sendiri didatangkan untuk mengisi slot pemain asing ASEAN di Liga 1 Indonesia musim depan.

"Hari ini kami umumkan rekrutan terbaru PSIS yakni satu slot pemain asing asal ASEAN. Paulo Gali kami datangkan supaya di lini depan tambah kuat. Proses mendatangkannya juga sudah melalui prosedur dengan melaksanakan tes medis dan tes fisik seperti yang biasa kami lakukan,” ucap CEO PSIS, Yoyok Sukawi dikutip dari laman resmi klub, Jumat (2/6/2023).

Baca Juga:
Rezeki, 5 Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Dapat Beasiswa S2 usai Juara SEA Games 2023

"Gali akan kami kontrak selama satu musim ke depan. Selamat bergabung, Gali. Semoga cepat beradaptasi dan membawa PSIS berprestasi di musim ini,” imbuhnya.

Adapun Gali Freitas sendiri merupakan pemain yang kontroversial karena diduga mencuri umur. Ia diketahui lahir di Dili 31 Desember 2004.

Akan tetapi, sulit diketahui secara pasti usia sebenarnya pemain yang bisa bermain di berbagai posisi ini. Sebab, ada yang menyebut bahwa dia juga kelahiran 31 Desember 1996.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Rodrigo De Paul Ketakutan Lawan Timnas Indonesia

Maka dari itu, catatan kelahirannya ini pula yang sempat membuat Gali Freitas dituduh melakukan pencurian umur saat bermain di ajang Piala AFF U-15 2019 yang berlangsung di Thailand.

Sebab, Timor Leste sebelumnya pernah mendaftarkan pemain dengan nama serupa dan muka yang mirip, yaitu di ajang Piala AFF 2018 dan Piala AFF U-19 2018. Namun, kedua pemain ini didaftarkan dengan tanggal lahir yang berbeda.

Polemik ini sempat membuat Myanmar dan Filipina melayangkan protes resmi kepada AFF pada ajang Piala AFF U-15 2019, tetapi akhirnya ditolak karena dianggap tak memiliki dasar yang kuat.

Baca Juga:
Jelang Lawan Timnas Indonesia, Lionel Messi Bakal Berstatus Pengangguran

Gali Freitas dikukuhkan sebagai pencetak gol terbanyak Piala AFF U-15 2019 dengan koleksi tujuh gol.

PSIS sendiri kemudian membeberkan usia Gali Freitas. Dalam laporannya, pemain Timor Leste itu disebut lahir 31 Desember 2024 yang artinya akan berusia 19 tahun.

"Sesuai passport yang ia miliki, Gali merupakan pemain asal Timor Leste dengan tanggal lahir 31 Desember 2004 dan sudah memiliki caps bersama Timnas senior Timor Leste sebanyak 9 penampilan dan dua diantaranya menghadapi Timnas Indonesia," tutup laporan di laman resmi PSIS.

Baca Juga:
Tak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni, Egy Maulana Vikri Pamer Skill di Klubnya

Load More