Irwan Febri Rialdi
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (Dok. LIB)

Bolatimes.com - Liga 1 2023/24 akan kembali diwarnai oleh banyak pelatih asing, sebab hanya segelintir klub Liga 1 yang menggunakan jasa pelatih negeri sendiri.

Dari 18 kontestan Liga 1 musim depan, sekitar 80% mereka memilih menggunakan jasa dari pelatih asing sebagai juru taktik tim.

Sejumlah pelatih asing di musim lalu masih akan mewarnai Liga 1 musim depan. Misalnya Thomas Doll yang akan memasuki tahun keduanya bersama Persija Jakarta.

Baca Juga:
Statistik Lionel Messi di Asia Tenggara: Dua Kali Hanya Nonton, Lalu Cetak 2 Gol dalam Satu Laga

Kemudian Persib Bandung juga masih mempercayakan posisi pelatih kepada eks pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, usai finis di peringkat ketiga musim lalu.

Pun dengan Bernardo Tavares yang berhasil membawa PSM Makassar menjadi juara Liga 1 2022/23, masih akan membesut Juku Eja.

Di antara 18 tim Liga 1 2023/24 nanti, tercatat hanya ada empat pelatih lokal yang ditugaskan. Di antaranya ada Aji Santoso yang masih dipercaya menukangi Persebaya Surabaya.

Baca Juga:
Profil Ryo Matsumura, Pemain Anyar Persija Jebolan Klub Terkenal Jepang Vissel Kobe

Aji Santoso juga menjadi pelatih lokal yang prestasi dan performanya konsisten selama melatih Persebaya. Sejak datang pada 2019, Bajul Ijo mampu bersaing di papan atas.

Tim Liga 1 lainnya yang menggunakan jasa pelatih lokal adalah Barito Putera. Mereka masih mempercayakan kursi pelatih usai pada Rahmad Darmawan yang datang pada Februari lalu.

Kemudian ada Arema FC yang menggunakan jasa eks pelatih PSS Sleman, Putu Gede, dan Bhayangkara FC menunjuk Agus Sugeng Riyanto.

Baca Juga:
Jelang FIFA Matchday Juni 2023, Shin Tae-yong Ternyata Pernah Bikin Argentina Merana

Dari empat pelatih lokal yang ada di Liga 1 2023/24, Putu Gede dan Agus Sugeng belum memegang lisensi AFC Pro. Mereka masih merampungkan Modul 5 sebagai rangkaian program untuk bisa mendapatkan lisensi tersebut.

Pelatih Lokal di Liga 1 2023/24:

Aji Santoso (Persebaya)

Baca Juga:
Macam-macam Teknik Servis Bulu tangkis yang Wajib Dikuasai

Rahmad Darmawan (Barito Putera)

Putu Gede (Arema FC)

Agus Sugeng Riyanto (Bhayangkara FC).

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More