Irwan Febri Rialdi
Pemain depan Argentina, Lionel Messi, melihat trofi Piala Dunia saat memegang penghargaan Bola Emas setelah mengalahkan Prancis pada laga di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Bolatimes.com - Lionel Messi berpotensi turun bermain saat Argentina menghadapi Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023 mendatang.

Lantas, bagaimana statistik Messi saat bermain menghadapi negara-negara Asia Tenggara?

Seperti yang diketahui, kunjungan eks Barcelona ke Indonesia nanti bukan kali pertama buat La Pulga menyambangi Asia Tenggara.

Baca Juga:
Profil Ryo Matsumura, Pemain Anyar Persija Jebolan Klub Terkenal Jepang Vissel Kobe

Dalam perjalanan kariernya, Messi pernah mengunjungi Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Barcelona vs Thailand

Pada 2013, Messi tampil memukau bersama Barcelona saat menghadapi Thailand XI. Di laga tersebut, Blaugrana menang telak 7-1.

Baca Juga:
Jelang FIFA Matchday Juni 2023, Shin Tae-yong Ternyata Pernah Bikin Argentina Merana

Messi mencetak dua gol masing-masing di menit ke-13 (penalti) dan menit 25. Sedangkan enam lima gol Barcelona lainnya dicetak Neymar, Pedro, dan Alexis Sanchez.

Barcelona vs Malaysia

Di tahun yang sama, pada rangkaian pramusim, Barcelona juga bertanding melawan Malaysia XI. Namun, saat itu Messi tidak turun bermain.

Baca Juga:
Final UEFA Europa League, Kapten AS Roma Tebar Ancaman ke Sevilla

Para penggemar Barcelona dan Messi saat itu sempat mengutarakan kekecewaan mereka karena tidak bisa melihat aksi sang idola.

Dari pernyataan resmi Barcelona, Messi tidak bermain melawan Malaysia XI saat itu karena mengalami cedera pada otot paha kirinya.

Ada kabar lainnya yang menyebut Lionel Messi tidak bermain di Malaysia karena kecewa dengan kualitas lapangan tempat pertandingan berlangsung.

Baca Juga:
Segrup dengan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023, Malaysia Tebar Ancaman

Argentina vs Singapura

Kedatangan Messi ke Asia Tenggara juga pernah ditandai dengan laga Argentina vs Singapura pada 2016 silam. Di laga tersebut, Argentina menang telak 6-0.

Namun di laga tersebut, para fans Singapura harus gigit jari melihat aksi Messi karena batal tampil bersama Gonzalo Higuain.

Statistik Messi di Asia Tenggara:

Barcelona vs Thailand XI: 2 gol

Barcelona vs Malaysia XI: Tidak bermain

Argentina vs Singapura: Tidak bermain

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More