Irwan Febri Rialdi
Kiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama. (Instagram/@rezaaryapratama30)

Bolatimes.com - Penjaga gawang PSM Makassar, Reza Arya Pratama, menjadi salah satu nama pemain yang cukup mengejutkan yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia di agenda FIFA Matchday Juni 2023.

Pasalnya, dari 26 nama pemain pilihan Shin Tae-yong kali ini, Reza Arya Pratama menjadi salah satu pemain anyar yang berpeluang besar untuk mencatatkan debutnya bersama Timnas Indonesia.

Reza Arya Pratama bersyukur dirinya dipanggil ke Timnas Indonesia. Ia berjanji akan berjuang keras demi bisa masuk skuad utama timnas.

Baca Juga:
Viral Ramadhan Sananta Minta Doa Lawan Argentina, tapi Justru Diabaikan Shin Tae-yong

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur dan senang dapat dipanggil timnas Indonesia. Tentu saya akan berjuang keras demi mendapat tempat di timnas Indonesia," kata Reza Arya seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Sebagai informasi, Reza Arya Pratama merupakan salah satu dari lima pemain debutan yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menghadapi Palestina dan Argentina pada FIFA Matchday Juni 2023.

Selain Reza Arya Pratama, empat debutan lainnya adalah Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick dan Ivar Jenner yang merupakan pemain naturalisasi.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Lolos dari Hukuman usai Ribut di Final SEA Games 2023, Media Vietnam Sewot

Profil Reza Arya Pratama

Jauh sebelum namanya mencuat dalam daftar panggilan Timnas Indonesia ini, Reza Arya Pratama memang berstatus sebagai salah satu penjaga gawang yang tampil sensasional di Liga 1 musim lalu.

Pasalnya, kiper asal Parepare ini nyaris tak tergantikan di bawah mistar gawang PSM Makassar. Selama semusim, dia sudah 33 kali bertanding dan semuanya menjadi starter. Artinya, Reza hanya absen satu kali.

Baca Juga:
Kode Keras Gadis Cantik Kamboja untuk Tonton Timnas Indonesia vs Argentina di Jakarta, Marselino Ferdinan Jangan Grogi

Satu-satunya momen itu terjadi saat PSM Makassar bertandang ke markas PSIS Semarang. Tanpa bantuan Reza, skuad Juku Eja saat itu digasak Mahesa Jenar empat gol tanpa balas.

Sebetulnya, pemain kelahiran 18 Mei 2000 ini sudah mencatatkan debut bersama PSM sejak Liga 1 musim 2021/2022. Namun, selama satu musim, dia memang hanya tampil satu kali saja.

Kepercayaan penuh baru didapatkan Reza ketika Bernardo Tavares mengambil alih kemudi tim pelatih. Sebelum kompetisi bergulir, dia juga sempat jadi pilihan utama di ajang Piala Presiden 2022 dan Piala AFC 2022.

Baca Juga:
Bek Thailand Ini Banting Setir Jadi 'Biksu', Efek Kalah dari Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023?

Penampilan impresif kiper 23 tahun ini memang cukup teruji. Pasalnya, dari 33 penampilan itu, Reza Arya sukses mencatatkan 14 cleansheet di Liga 1 2022/2023.

Dengan kata lain, persentase cleansheetnya mencapai 42,4%. Ini menjadi angka tertinggi kedua di Liga 1 musim lalu. Reza hanya kalah dari Andritany Ardhiyasa yang sukses mempersembahkan 15 cleansheet bersama Persija Jakarta.

Bukan tidak mungkin, Reza bakal menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Timnas Indonesia suatu saat nanti. Apalagi, kiper andalan seperti Nadeo Argawinata sudah tak dipanggil.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More