Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Lionel Messi video call Jordi Amat. (YouTube/Trebel Winner)

Bolatimes.com - Belakangan ini, kedatangan megabintang Timnas Argentina, Lionel Messi, diiringi dengan sejumlah informasi yang menyesatkan. Sebab, ada satu narasi yang menyebut bahwa Messi menghubungi Jordi Amat, bek naturalisasi Timnas Indonesia.

Narasi ini dibagikan oleh kanal YouTube Treble Winner melalui sebuah video yang diunggah pada 24 Mei 2023. Dalam judul video tersebut, Lionel Messi disebut memiliki kedekatan dengan Jordi Amat.

“Messi Video Call Jordi Amat. Kedekatan Lionel Messi ke BEk Timnas Indonesia Saat Akan Saling Lawan,” bunyi judul yang disematkan kanal YouTube Treble Winners dalam video unggahannya tersebut.

Baca Juga:
Demi Persiapan Lawan Argentina, Sandy Walsh Rela Latihan Mandiri Sampai Telanjang Dada

Kemunculan narasi seperti ini mencuat setelah Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) mengumumkan secara resmi bahwa mereka akan menjalani tur Asia pada agenda FIFA Matchday Juni 2023.

Salah satu lawan yang bakal dihadapi oleh La Albiceleste pada agenda itu ialah Timnas Indonesia. PSSI juga sudah mengonfirmasi bahwa skuad Garuda akan bertanding melawan Argentina pada 19 Juni 2023 mendatang.

Lalu, benarkah Lionel Messi menghubungi Jordi Amat menjelang pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Argentina yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ini? Berikut Bolatimes.com menjelaskan cek faktanya.

Baca Juga:
Viral Ramadhan Sananta Minta Doa Lawan Argentina, tapi Justru Diabaikan Shin Tae-yong

PENJELASAN

Apabila menyaksikan dan menyimak secara seksama video yang berdurasi 3:03 menit itu, sebetulnya tidak ada keterangan dan penjelasan soal fakta Lionel Messi menghubungi Jordi Amat.

Kanal YouTube Treble Winner ini hanya menyebut bahwa Jordi Amat memiliki kedekatan dengan Lionel Messi karena sama-sama pernah berkarier di Liga Spanyol.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Lolos dari Hukuman usai Ribut di Final SEA Games 2023, Media Vietnam Sewot

Jordi Amat sendiri menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia yang pernah dekat dengan Lionel Messi. Duel antara Jordi dan Messi memang beberapa kali terjadi. Pasalnya, Jordi sempat beberapa tahun berkarir di Spanyol,” bunyi narator dalam video tersebut.

Kedekatan yang dimaksud pun hanya berangkat dari pernyataan Jordi Amat bahwa dia mengakui sosok Messi sebagai pemain terbaik yang pernah dijumpai sepanjang kariernya.

"Saya bertanding melawan pemain yang benar-benar bagus. Dan Messi jadi lawan terberatnya," kata Jordi Amat di laman Instagram pribadinya pada Jumat (11/3/2022).

Baca Juga:
Kode Keras Gadis Cantik Kamboja untuk Tonton Timnas Indonesia vs Argentina di Jakarta, Marselino Ferdinan Jangan Grogi

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi yang disebut dalam judul video unggahan kanal YouTube Treble Winners itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, tidak ada korelasi antara judul dengan isi narasi yang termuat dalam video tersebut. Maka, narasi semacam ini dapat dikategorikan sebagai false connection atau koneksi yang salah karena tidak ada kesesuaian antara judul video dengan isi yang disajikan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More