Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Thailand di Piala AFF 2022. (Facebook/changsuek)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong punya target untuk lolos 16 besar Piala Asia 2023. Bukan tanpa alasan, ia punya dasar dari rasa optimisnya.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda akan bertemu lawan berat seperti Jepang, Irak, serta Vietnam.

Melihat lawan-lawannya, skuad Garuda dianggap sebagai tim terlemah. Apalagi Marc Klok dkk berstatus sebagati tim yang punya ranking FIFA paling buncit dari semua kontestan.

Baca Juga:
Bocoran Tiket Laga Timnas Indonesia vs Argentina, Dijual Berapa?

Walau demikian, Shin Tae-yong tidak ciut nyali. Pelatih berusia 52 tahun ini menegaskan bahwa timnas Indonesia bisa saja lolos ke babak 16 besar, meski bersaing di grup yang beat.

"Menurut saya, tim ini tidak akan mudah dikalahkan oleh tim lain. Jadi kami, Indonesia bukan tim yang memiliki arti penting dalam berpartisipasi. Kami punya keterampilan dan stamina untuk menciptakan suasana, bukan seperti Indonesia yang dulu. Jadi saya pikir kami harus lolos ke babak 16 besar," ucap Shin Tae-yong dikutip dari Best Eleven, Jumat (26/5/2023).

Lebih lanjut, saat ditanya apa alasan Shin Tae-yong sangat percaya diri, ia menyebut performa dari tim U-20 di Piala Asia U-20 lalu. Menurutnya, Garuda Nusantara sudah tampil apik tanpa lima pemain terbaik di tim.

Baca Juga:
Muncul Kabar Jepang Batal Lawan Argentina di FIFA Matchday Juni karena Match Fee Terlalu Mahal

"Di Piala Asia U-20, kami bertemu Uzbekistan, Suriah dan Irak. Kami bermain melawan mereka tanpa lima anggota terbaik tim. Aman mengatakan bahwa mereka adalah setengah kekuatan, tapi kami mencatatkan 1 kemenangan, 1 imbang, dan 1 kekalahan," ujar pelatih berusia 52 tahun ini.

"Irak lolos ke semifinal karena aturan head to head, tapi saya bertanya-tanya bagaimana jadinya jika kami memberikan segalanya. Dari sudut pandang ini, menurut saya Indonesia layak mendapatkan pertandingan yang bagus terlepas dari peringkatnya. Kuncinya adalah seberapa baik saya bisa memotivasi pemain sehingga kami mampu melakukannya," imbuhnya.

Piala Asia 2023 bakal digelar di Qatar. Rencananya turnamen antarnegara Asia ini siap dilangsungkan Januari 2024 mendatang.

Baca Juga:
Tak Main di Piala Dunia U-20, Alejandro Garnacho Bakal Bela Argentina Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Load More