Rauhanda Riyantama
Potret pemain Timnas Taiwan U-23. (Instagram/ctfa.football)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 sudah mendapatkan lawan-lawan yang akan dihadapi di Kualifikasi Piala Asia U-23 204, salah satunya Taiwan.

Berdasarkan hasil drawing pembagian grup Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada Kamis (25/5/2023), Timnas Indonesia U-23 yang tergabung di Grup K akan bersaing melawan Turkmenistan U-23 dan Taiwan U-23.

Salah satu jalur terbaik yang bisa dimaksimalkan Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 ialah menjadi juara Grup K. Sebetulnya, ada alternatif lainnya dari jalur runner-up terbaik.

Baca Juga:
Curhat ke Media Korea soal Masa Depannya di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Bawa-bawa Park Hang-seo

Namun, untuk opsi yang disebut terakhir, potensinya memang sangat tipis. Sebab, Garuda Muda harus bisa bersaing dengan 10 kontestan dari grup lain untuk melenggang ke putaran final melalui skema ini.

Apabila melihat dua lawan yang bakal dihadapi di Grup K, pesaing terberat anak asuh Indra Sjafri untuk lolos ialah Turkmenistan. Sebab, ada rekor pertemuan yang tak berpihak pada skuad Garuda Muda.

Adapun, untuk menumbangkan Taiwan, Indonesia punya peluang yang cukup besar. Di atas kertas, Indonesia memang selalu unggul. Empat pertemuan yang sudah terjadi selama ini berakhir dengan tiga kemenangan untuk Garuda.

Baca Juga:
Muncul Kabar Jepang Batal Lawan Argentina di FIFA Matchday Juni karena Match Fee Terlalu Mahal

Momen pertemuan terakhir antara keduanya terjadi di Asian Games 2018 yang ketika itu digelar di Jakarta-Palembang. Hasilnya, anak asuh Luis Milla sukses menang telak dengan skor 4-0.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Taiwan U-23 sendiri?

Profil Taiwan

Baca Juga:
Ke Media Korea, Shin Tae-yong Ungkap Piala Asia 2023 Bisa Jadi Kompetisi Terakhirnya Bersama Timnas Indonesia

Taiwan U-23 berada di bawah naungan Federasi Sepak Bola China Taipei (Taiwan). Untuk mendapatkan pengalaman, Taiwan U-23 sempat bermain di Liga Sepak Bola Taiwan.

Ya, hal ini hampir sama seperti yang terjadi di Indonesia Basketball League (IBL) di mana timnas muda yaitu Indonesia Patriot ikut bermain di liga.

Pada perjalanannya, Taiwan U-23 menggunakan beberapa nama saat bermain di Liga Taiwan. Mulai dari China Steel dan Fubon Financial. Namun setelah Liga Taiwan mengalami pembaharuan, Taiwan U-23 tak lagi bermain di liga. 

Baca Juga:
Tak Main di Piala Dunia U-20, Alejandro Garnacho Bakal Bela Argentina Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Prestasi Taiwan U-23 sendiri tidak terlalu mentereng. Mereka tidak pernah lolos ke putaran final Piala Asia U-23 sejak 2013 hingga terakhir 2022.

Taiwan U-23 juga baru sekali mentas di Asian Games yaitu di edisi 2018. Saat itu Taiwan U-23 cuma meraih sekali imbang dan tiga kali kalah di fase grup Saat ini, Taiwan U-23 dilatih oleh pelatih lokal yaitu Tsai Shang-ming.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More