Husna Rahmayunita
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia Rafael Struick dan Ivar Jenner. (Instagram/@erickthohir)

Bolatimes.com - Proses naturalisasi dua pemain keturunan kelahiran Belanda, Ivar Jenner dan Rafael Struick akhirnya rampung. Keduanya sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengklaim pihaknya bekerja sat-set untuk menyelesaikan naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Terhitung tidak ada satu pekan untuk merampungkan tahapan akhir alih kewarganegaraan dua pemain muda itu. Ivar Jenner dan Rafael Struick di sumpah WNI pada 22 Mei 2023 dan tiga hari berselang, mereka mendapatkan paspor Indonesia.

Baca Juga:
Jelang Duel Timnas Indonesia vs Argentina, Media Inggris Sinis Singgung Tragedi Kanjuruhan

"Kerja SatSet...tanggal 19 selesai kompetisi, tanggal 20 terbang ke Indonesia, tanggal 22 disumpah sebagai WNI, tanggal 23 administrasi dukcapil selesai, tanggal 24 diperkenalkan oleh Ketum PSSI Erick Thohir ke publik, tanggal 25 passport beres," tulis @arya.m.sinulingga.

Proses naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Stuick sempat terjeda akibat pergantian kepemimpinan PSSI dari Mochamad Iriawan ke Erick Thohir. Namun, kemudian dilanjutkan setelah Lebaran.

Baca Juga:
Mengenal Hendra Kurniawan, Pemain Timnas yang Jadi Blocker Terbaik di Kejuaraan Voli Asia 2023

Penggawa FC Utrecht II Ivar Jenner dan pemain ADO Denhaag Rafael Struick telah resmi menjadi WNI. Namun, keduanya belum bisa membela Timnas Indonesia karena belum pindah federasi.

"Ivar Jenner akan diurus perpindahan Federasi ke FIFA, Rafael cukup melaporkan ke FIFA bahwa Eligible masuk sebagai pemain Timnas Indonesia," imbuh Arya.

Andai proses pindah federasi rampung, mereka pun bisa memperkuat Timnas Indonesia. Terdekat, ada agenda FIFA Matchday pada Juni 2023.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Laris Manis, 4 Negara Kuat Disebut-sebut Sudah Antre untuk Jadi Lawan Tanding usai Argentina

Load More