Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Marc Klok ke gawang Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 yang digelar di SUGBK, Kamis (29/12/2022). [Foto: PSSI]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia memiliki rekor yang cukup mentereng saat bermain di hadapan pendukungnya sendiri menjelang duel melawan Timnas Argentina pada agenda FIFA Matchday periode Juni 2023.

Selama berada di bawah asuhan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia tercatat tak pernah meraih kekalahan saat berjumpa lawan-kawannya di berbagai ajang. Ini menjadi modal berharga menjelang laga melawan Argentina di FIFA Matchday.

Menurut jadwal, duel antara Timnas Indonesia melawan Argentina itu akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, pada 19 Juni 2023 mendatang.

Baca Juga:
Link Live Streaming Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Siapa Lawan Indonesia?

Kepastian ini pun sudah disampaikan secara resmi oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat menggelar konferensi pers di Kantor PSSI di Jakarta, Rabu (24/5/2023) siang.

''Saya baru bisa jawab hari ini setelah punya surat persetujuan dari FIFA, AFC, dan Argentina datang ke sini. Jadi bukan kaleng-kaleng,'' kata Erick Thohir.

''Kita buktikan PSSI yang sekarang serius membangun sepak bola Indonesia, kita buktikan dengan FIFA Matchday yang teratur dan kedatangan tim juara Dunia, Argentina, di Indonesia,'' lanjutnya.

Baca Juga:
Fokus Perbaikan Wasit, Ini 3 Langkah Konkret Erick Thohir di Liga Indonesia Musim Depan

Shin Tae-yong tentu bakal menghadapi tantangan yang besar untuk mempersiapkan anak asuhnya agar bisa memberikan ‘perlawanan’ yang berarti untuk La Albiceleste pada pertandingan itu.

Namun, juru taktik asal Korea Selatan itu memang punya rekor yang apik saat membawa anak asuhnya bertanding di hadapan pendukungnya sendiri. Sejak bertugas pada akhir 2019, Shin Tae-yong tak pernah merasakan kekalahan saat bermain di kandang.

Tercatat, sudah ada 10 pertandingan yang dilewati Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di hadapan pendukungnya sendiri. Hasilnya, Indonesia menang enam kali dan empat laga lain berakhir imbang.

Baca Juga:
Mengapa Cyrus Margono Tak Disebut sebagai Pemain Naturalisasi? Begini Penjelasannya

Berikut Rekor Tak Terkalahkan Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong saat Bermain di Kandang

Persahabatan - Timnas Indonesia vs Timor Leste (4-1)

Persahabatan - Timnas Indonesia vs Timor Leste (3-0)

Baca Juga:
Tak Mau Lionel Messi Cedera, Erick Thohir Pastikan Tak Ada Lapangan yang Berlubang

Persahabatan - Timnas Indonesia vs Bangladesh (0-0)

FIFA Matchday - Timnas Indonesia vs Curacao (3-2)

FIFA Matchday - Timnas Indonesia vs Curacao (2-1)

Piala AFF 2022 - Timnas Indonesia vs Kamboja (2-1)

Piala AFF 2022 - Timnas Indonesia vs Thailand (1-1)

Piala AFF 2022 - Timnas Indonesia vs Vietnam (0-0)

FIFA Matchday - Timnas Indonesia vs Burundi (3-1)

FIFA Matchday - Timnas Indonesia vs Burundi (2-2)

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More