Irwan Febri Rialdi
Starting XI Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di final SEA Games 2023. (Insra

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 mendapatkan keuntungan tersendiri karena tergabung di pot khusus pada babak undian grup ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung pada Kamis (25/5/2023).

Pasalnya, Timnas Indonesia U-23 telah resmi ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah penyelenggara pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 ini. Hal itu membuat Indonesia tidak tergabung dalam pot-pot yang sudah ditentukan.

Sebagai tuan rumah penyelenggara, Indonesia bakal ditempatkan pada pot khusus yang disebut sebagai Hosts Pot alias pot tuan rumah. Artinya, pada babak undian nanti, Indonesia tidak masuk dalam pot satu, dua, tiga, ataupun empat.

Baca Juga:
Lagu Jawa yang Dinyanyikan Happy Asmara Mendadak Digandrungi Gadis Kamboja, Efek Marselino Ferdinan?

Salah satu keuntungan ini ialah Indonesia tak perlu menghadapi sejumlah negara kuat di kawasan Asia maupun Asia Tenggara. Setidaknya, Garuda Muda tak perlu bersaing satu grup dengan Thailand dan Vietnam yang sama-sama berstatus sebagai tuan rumah.

Sebelas negara yang berada di Hosts Pot ialah Bahrain, China, Indonesia, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam.

Sementara untuk pot pertama, negara kuat yang tergabung dalam kategori ini ialah Jepang, Australia, Irak, Turkmenistan, dan Uni Emirat Arab. Pot kedua diisi oleh Iran, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Suriah, India, dan Singapura. 

Baca Juga:
Sudah Gabung Latihan Tokyo Verdy usai Sabet Medali Emas SEA Games 2023, Pratama Arhan Disambut Hangat Rekan Setimnya

Adapun untuk pot ketiga, ada Kirgistan, Palestina, Yaman, Timor Leste, China Taipei, Lebanon, Laos, Bangladesh, Hong Kong, Maladewa dan Oman.

Yang terakhir, pot keempat dihuni oleh Mongolia, Filipina, Afghanistan, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Guam, Makau, Pakistan, dan Qatar.

Khusus untuk negara yang disebut terakhir ini, yaitu Qatar, statusnya ialah tuan rumah. Namun, mereka tetap memutuskan untuk mengikuti babak kualifikasi, sehingga hasil pertandingan melawan negara mana pun tidak akan dihitung.

Baca Juga:
Sosoknya Disorot Netizen Indonesia karena Pratama Arhan, Gadis Cantik Kamboja Gandrungi Lagu Bahasa Jawa yang Viral

Untuk informasi, pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 ini bakal terselenggara mulai 4 hingga 12 September 2023.

Pembagian Pot Undian Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Hosts Pot: Bahrain, China, Indonesia, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, Vietnam

Baca Juga:
Selebrasi Sujud Syukur, Cristiano Ronaldo Berterima Kasih ke Fans usai Jadi Penyelamat Al Nassr

Pot 1: Jepang, Australia, Irak, Turkmenistan, Uni Emirat Arab

Pot 2: Iran, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Suriah, India, Singapura

Pot 3: Kirgistan, Palestina, Yaman, Timor Leste, China Taipei, Lebanon, Laos, Bangladesh, Hong Kong, Maladewa, Oman

Pot 4: Mongolia, Filipina, Afghanistan, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Guam, Makau, Pakistan, dan Qatar

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More