Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Rafael Struick saat membela Timnas Indonesia U-20. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Penyerang berdarah Belanda, Rafael Struick, resmi menjadi WNI. Ia un mengaku sudah tidak sabar berseragam Timnas Indonesia

Ia sah menjadi WNI usai menjalani sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Rafael Struick tidak sendiri ketika menjalani sumpah sebagai WNI. Pemain berdarah Belanda itu mengikuti proses tersebut bersama Ivar Jenner.

Baca Juga:
Juventus Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Poin Dikurangi 10 dan Dibantai 1-4 Empoli

Ivar Jenner dan Rafael Struick saat menjalani sumpah sebagai WNI (Dok. PSSI)

Pada awalnya, Rafael Struick dan Ivar Jenner dipersiapkan Pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Tetapi, FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia yang membuat Garuda Nusantara batal tampil di kejuaraan tersebut.

Situasi tersebut ternyata tidak menyurutkan keinginan Rafael Struick dan Ivar Jenner menjadi WNI.

Meski Indonesia batal berlaga di Piala Dunia U-20 2023, akan tetapi skuad Garuda masih akan menjalani sejumlah agenda.

Baca Juga:
Klasemen Liga Inggris: Manchester United dan Liverpool Saling Sikut, Rebutan Tiket Terakhir Liga Champions

Yang terdekat adalah FIFA matchday. Timnas Indonesia dijadwalkan melawan Palestina dan juara dunia Argentina pada pertengahan Juni 2023.

Bukan tidak mungkin Pelatih Shin Tae-yong memanggil dua pemain tersebut untuk ikut serta. Pasalnya, juru formasi asal Korea Selatan tersebut sangat menyukai pemain-pemain muda berbakat.

Rafael Struick mengaku sudah tidak sabar menanti panggilan ke Timnas Indonesia. Pemain ADO Den Haag itu pastinya bakal mengerahkan kemampuan terbaik andai dipercaya bermain oleh pelatih.

Baca Juga:
Kata-kata Pertama Ivar Jenner dan Rafael Struick Setelah Sah Jadi WNI

"Saya sudah tidak sabar juga untuk melakukan pemusatan latihan bersama timnas Indonesia," kata Rafael dilansir dari laman PSSI, Senin (22/5/2023).

Lebih lanjut, Rafael Struick bersyukur prosesnya menjadi WNI secara hukum akhirnya selesai. Tinggal selangkah lagi yakni perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI dilakukan agar bisa membela Timnas Indonesia.

"Saya hanya mau ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir di sini. Ini adalah hari yang spesial buat saya, buat keluarga saya, sama seperti Ivar," pungkasnya.

Baca Juga:
Posisi Bek Tengah Rawan, Persik Kediri Datangkan Dua Pemain Anyar

Load More