Irwan Febri Rialdi | Arief Apriadi
Juventus bermain imbang 3-3 lawan Atalanta dalam lanjutan Liga Italia. (AFP)

Bolatimes.com - Juventus sungguh sial. Usai disanksi pengurangan 10 poin, mereka langsung dibantai Empoli dengan skor 1-4, Selasa (23/5/2023) dini hari WIB.

Duel Empoli vs Juventus itu tersaji dalam laga pekan ke-37 Liga Italia 2022-2023. Pada laga yang berlangsung di Stadion Carlo Castellani itu, Bianconeri tidak berdaya.

Empoli bahkan unggul tiga gol lebih dulu melalui brace Francesco Caputo dan satu gol dari Sebastiano Luperto hingga awal babak kedua.

Baca Juga:
Klasemen Liga Inggris: Manchester United dan Liverpool Saling Sikut, Rebutan Tiket Terakhir Liga Champions

Federico Chiesa memperkecil ketertinggalan di menit ke-85, tetapi Roberto Piccoli kembali menambah gol untuk tuan rumah jelang pertandingan berakhir.

Kekalahan itu terjadi tak lama setelah Juventus diberi tahu bahwa mereka terkena pengurangan 10 poin dari Federasi Sepak bola Italia (FIGC).

Pelatih Juventus asal Italia Massimiliano Allegri (kedua dari kiri) bereaksi dari pinggir lapangan dalam matchday pertama Grup H Liga Champions 2022/2023 antara PSG vs Juventus di Stadion Parc des Princes di Paris, pada 6 September 2022 waktu setempat.FRANCK FIFE / AFP

Sanksi itu dijatuhkan terkait kasus aktivitas manipulasi finansial dan nilai transfer yang sebelumnya sempat membuat Si Nyonya Tua dipotong 15 poin, tetapi belakangan hukuman itu dicabut.

Baca Juga:
Kata-kata Pertama Ivar Jenner dan Rafael Struick Setelah Sah Jadi WNI

Pengadilan olahraga tertinggi Italia, Collegio di Garanzia pada April lalu memerintahkan Pengadilan Banding Federal FIGC untuk mempertimbangkan lagi keputusan pengurangan 15 poin.

Hal itu karena Collegio di Garanzia menilai tidak menemukan alasan kuat dari FIGC untuk pemberian hukuman pengurangan poin tersebut bagi Juventus.

Alhasil, setelah hukuman pengurangan 15 poin dibatalkan, persidangan terus berlanjut untuk memperdalam kasus yang menjerat Juventus.

Baca Juga:
Posisi Bek Tengah Rawan, Persik Kediri Datangkan Dua Pemain Anyar

Kini, setelah FIGC menggelar sidang lanjutan pada Senin (22/5/2023) di Roma, Pengadilan Banding Federal menjatuhkan vonis bahwa Juventus bersalah dalam skandal akutansi palsu tersebut.

Jaksa Penuntut FIGC Giuseppe Chine dalam sidang menyarankan agar Juventus dikenakan hukuman pengurangan 11 poin, tetapi panel menanggapi dengan pengurangan 10 poin.

Situasi tersebut membuat Juventus yang sempat menduduki urutan dua klasemen kini turun ke posisi ketujuh alias di luar zona Liga Champions.

Baca Juga:
Media Malaysia Puji Ramadhan Sananta yang Impresif di SEA Games 2023, Disebut Cocok Pindah ke Negeri Jiran

Mereka mengoleksi 59 poin, tertinggal satu poin dari AS Roma yang menghuni peringkat terakhir kualifikasi Eropa di urutan keenam dan terpaut lima poin dari AC Milan di urutan keempat dengan dua pertandingan tersisa.

"Merangkum satu musim di malam seperti ini adalah pernyataan yang meremehkan," kata pelatih Juve Massimiliano Allegri dikutip dari Reuters.

"Itu adalah situasi yang aneh, 10 menit sebelum pertandingan, kalimat itu keluar."

"Juventus terbiasa menang, kami harus merapatkan barisan. Ada enam poin untuk diperebutkan dan Milan tiba pada hari Minggu."

Load More