Rauhanda Riyantama
Respons Pratama Arhan di ruang ganti timnas Indonesia U-22. (YouTube/PSSI TV)

Bolatimes.com - Lemparan ke dalam atau throw in kini menjadi aspek yang cukup diperhatikan dari permainan Indonesia di segala kelompok umur hingga senior.

Bahkan keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menyabet medali emas sepak bola SEA Games 2023 tidak terlepas dari skema gol melalui lemparan ke dalam.

Indra Sjafri dinilai berhasil memaksimalkan pemain dengan skill lemparan ke dalam mematikan. Tak jarang gol tercipta dari situasi semacam itu.

Baca Juga:
Indonesia Resmi Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Peluang Lolos Terbuka

Di partai final melawan Thailand, misalnya, lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga berhasil diteruskan oleh Ramadhan Sananta menjadi gol dengan sundulan.

Lemparan ke dalam dari jarak jauh ini semakin sering terlihat dalam permainan Timnas Indonesia saat Shin Tae-yong mengambil alih tampuk kepelatihan.

Lantas, pemain Indonesia siapa saja yang punya kemampuan lemparan ke dalam jarak jauh?

Baca Juga:
Identitas 2 Wanita Cantik yang Serahkan Medali Emas ke Pemain Timnas Indonesia U-22 Dibongkar Netizen, Ini Sosoknya

1. Pratama Arhan

Pemain Tokyo Verdy ini sudah menjadi andalan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong untuk menjadi algojo lemparan ke dalam.

Tidak jarang lemparan ke dalam eks pemain PSIS Semarang ini berujung dengan gol buat Timnas Indonesia. Bahkan di era Indra Sjafri, kemampuan ini masih dimaksimalkan dari Arhan.

Baca Juga:
Profil Kawin Thamsatchanan, Kiper Senior Thailand yang Sentil Juniornya usai Rusuh di Final SEA Games 2023

Di babak semifinal SEA Games 2023 kemarin, dua lemparan ke dalam Pratama Arhan mampu berujung untuk gol Indonesia ke gawang Vietnam.

2. Alfeandra Dewangga

Absennya Pratama Arhan di partai final SEA Games 2023 membuat Indra Sjafri menunjuk Alfeandra Dewangga sebagai pengganti untuk melakukan lemparan ke dalam.

Baca Juga:
3 Bintang Muda yang Putuskan Mudik untuk Lanjutkan Karier di Indonesia, Terbaru Ada Bagus Kahfi

Keputusan ini tepat karena lemparan Dewangga mampu menjadi gol pertama buat Timnas Indonesia U-22 ke gawang Thailand.

Dewangga bahkan belakangan sering menggunakan kemampuan lemparan ke dalam jarak jauh ini bersama klubnya, PSIS Semarang.

3. Robi Darwis

Nama Robi Darwis mencuat saat pemain muda Persib Bandung itu sukses menembus skuat Timnas Indonesia U-20. Selain bisa bermain di berbagai posisi, ia juga punya kemampuan lemparan ke dalam.

Lemparan ke dalam pemain Persib Bandung itu bahkan sempat berbuah hasil di laga uji coba melawan Moldova. Lemparan ke dalam Robi Darwis berhasil diteruskan Muhammad Ferarri menjadi gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More