Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia U-22 berpose dengan medali emas SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa)

Bolatimes.com - Indonesia resmi ditunjuk oleh AFC untuk menjadi salah satu dari 11 tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Pengumuman ini berikan AFC pada Rabu (17/5/2023).

“AFC mengumumkan 11 tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Mereka ialah Bahrain, China, Indonesia, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan dan Vietnam. Drawing diadakan pada 25 Mei 2023,” tulis akun Twitter @theaseanball.

Selain Indonesia, ada China, Bahrain, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam yang juga bakal menjadi tuan rumah,

Baca Juga:
Identitas 2 Wanita Cantik yang Serahkan Medali Emas ke Pemain Timnas Indonesia U-22 Dibongkar Netizen, Ini Sosoknya

Adapun, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 bakal berlangsung pada 12-18 September 2023 yang diikuti 46 peserta. Nantinya akan ditentukan 15 tim di luar Qatar sebagai tuan rumah yang akan mentas di putaran final.

AFC akan lebih dulu membagi 46 tim kedalam 11 grup yang masing-masing berisi empat hingga lima tim.

Tim yang finis sebagai juara grup (11 tim) otomatis lolos ke putaran final. Sebanyak 11 negara itu akan bersanding dengan tuan rumah Qatar (total 12 tim).

Baca Juga:
Profil Kawin Thamsatchanan, Kiper Senior Thailand yang Sentil Juniornya usai Rusuh di Final SEA Games 2023

Kemudian sisa empat slot akan ditempati oleh para tim yang menghuni daftar empat runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Meski belum ada pembagian grup babak kualifikasi, Timnas Indonesia punya peluang bagus karena menjadi salah satu tuan rumah.

Berkat statusnya sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-23 dipastikan takkan satu grup dengan tuan rumah lain. Namun Jepang, Australia, Irak, Turkmenistan dan Uni Emirat Arab yang masuk ke Pot 1 diprediksi bakal menjadi lawan Indonesia.

Baca Juga:
3 Bintang Muda yang Putuskan Mudik untuk Lanjutkan Karier di Indonesia, Terbaru Ada Bagus Kahfi

Jika tidak lolos menjadi juara grup, Timnas Indonesia U-23 arahan Shin Tae-yong nanti masih bisa punya peluang dari runner-up terbaik.

Dengan menjadi tuan rumah, motivasi dan dukungan dari pendukung tentunya akan lebih besar didapatkan oleh Timnas Indonesia U-23.

Baca Juga:
PSSI Buka Suara Terkait Kabar Timnas Indonesia akan Hadapi Argentina di FIFA Matchday

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More