Husna Rahmayunita
Pemain Thailand U-22, Jonathan Khemdee (Instagram/jkhemdee17)

Bolatimes.com - Bek Thailand U-22 Jonathan Khemdee menjadi perbincangan karena melempar medali perak SEA Games 2023 ke penonton seusai laga final lawan Timnas Indonesia U-22.

Pada final SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 setelah bertarung panas selama 120 menit di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023).

Kekalahan tersebut membuat skuad Gajah Perang yang diperkuat Jonathan Khemdee dan kawan-kawan kecewa.

Baca Juga:
Pemain Timnas Indonesia U-22 akan Diarak Keliling Kota, Simak Rute dan Jadwalnya Berikut Ini

Jonathan Khemdee terekam kamera melempar boneka maskot dan medali perak ke arah penonton yang berada di tribune setelah pertandingan panas Timnas Indonesia U-22 vs Thailand.

Sikap tersebut membuat Jonathan Khemdee menuai komentar sinis dari netizen Kamboja hingga Indonesia. Banyak yang menilai, pemain keturunan Denmark tersebut tak menghargai penyelenggara SEA Games.

Setelah panen kecaman, Jonathan Khemdee buka suara. Pemain berusia 21 tahun tersebut mengaku ingin berterima kasih ke penonton dengan melemparkan medali perak yang diperolehnya.

Baca Juga:
Soal Lawan di Final Liga Champions, Inter Milan Siap Hadapi Manchester City atau Real Madrid

"Halo semuanya. Aku memberikan medali silver dan boneka (maskot) ke pendukung karena aku ingin berterima kasih kepada fans sepak bola yang mendukung sata di SEA Games terakhir kali," tulisnya.

Jonathan Khemdee klarifikasi lempar medali perak SEA Games 2023. (Instagram/@jkhemdee17)

Jonathan Khemdee mengatakan, dirinya tak bermaksud untuk menghormati pertandingan final SEA Games 2023

"Saya tidak bermaksud untuk tidak menghormati pertandingan dan medali yang saya terima. Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang selalu mendukung saya," sambungnya dalam postingan, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga:
Inter Milan Lolos ke Final Liga Champions, Begini Komentar Lautaro Martinez

Umumkan Pensiun

Jonathan Khemdee sendiri mengatakan ingin pensiun dari tim nasional Thailand setelah pertandingan lawan Timnas Indonesia U-22 di final SEA Games 2023.

"Final SEA Games ke-32 akan jadi pertandingan terakhir saya bersama timnas Thailand. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang saya dapat selama ini. Saya berharap bisa meraih medali emas dan bermain bagus di pertandingan terakhir bersama tim nasional," tulis peman Ratchaburi tersebut.

Baca Juga:
FIFA Ikut Beri Respons Setelah Timnas Indonesia U-22 Sabet Emas di SEA Games 2023, Begini Katanya

"Thailand akan selalu berada di hati saya. Sejak pertandingan pertama bersama Thailand, saya selalu berusaha 100 persen membuat keluarga dan penggemar bangga. Ini saatnya membawa trofi pulang," imbuhnya.

Load More