Rauhanda Riyantama
Pemain Thailand U-22, Songchai Thongcham (Instagram/tatacawayo)

Bolatimes.com - Bek Timnas Thailand U-22, Songchai Thongcham, merasa sebagai sosok yang paling bertanggung jawab atas kekalahan timnya karena melakukan blunder fatal pada partai final SEA Games 2023.

Blunder fatal yang dilakukan Songchai Thongcham ini pada akhirnya ikut berimbas terhadap kebangkitan Timnas Indonesia U-22 lewat gol cepat Irfan Jauhari pada awal-awal babak tambahan waktu.

Momen blunder yang dilakukan Songchai Thongcham ini bermula pada menit ke-92. Kesalahannya dalam mengontrol bola justru membuat Irfan Jauhari mampu merebutnya.

Baca Juga:
Pernyataan Lengkap Indra Sjafri usai Persembahkan Medali Emas SEA Games 2023

Penyerang asal Persis Solo ini langsung menggiring bola menuju kotak penalti Thailand. Saat berhadapan dengan kiper lawan, Jauhari dengan tenang mencungkil bola untuk melewati adangan.

Bola pun akhirnya meluncur deras ke gawang Thailand. Gol ketiga ini menandai awal mula dari kebangkitan Timnas Indonesia U-22 yang sempat kecolongan gol menit-menit akhir.

Selepas pertandingan berakhir, Songchai Thongcham menyampaikan permohonan maafnya kepada suporter Thailand. Dia merasa menjadi sosok yang paling bertanggung jawab atas kekalahan memalukan ini.

Baca Juga:
Bikin Haru! Adi Satryo Tak Bisa Temani Istri saat Lahiran, Dibayar Tuntas dengan Persembahkan Medali Emas

"Maaf untuk semuanya. Saya bermain sangat buruk hari ini dan meminta maaf kepada rekan satu tim dan juga staf pelatih," buka Songchai di laman Facebook.

Profil Songchai Thongcham

Sebelum menjadi biang kekalahan timnya di partai final, Songchai Thongcam sebetulnya menjadi salah satu bek tengah yang paling diandalkan Timnas Thailand U-22 sepanjang gelaran SEA Games 2023 ini.

Baca Juga:
Jauh Sebelum Insiden Pukul Komang Teguh di SEA Games 2023, Kiper Soponwit Rakyart Pernah Lakukan Aksi Brutal

Sebab, dari pertandingan pertama di fase penyisihan grup sampai semifinal, Songchai Thongcham selalu mendapatkan kesempatan bermain dari pelatih Issara Sritaro di SEA Games 2023.

Tercatat, dia sudah bermain sebanyak lima kali dan empat laga di antaranya selalu tampil penuh selama 2x45 menit. Ini menjadi catatan yang patut diwaspadai oleh Timnas Indonesia U-22.

Pemain kelahiran Chonburi, Thailand, pada 9 Juni 2001, ini juga sudah mencatatkan menit bermain yang cukup reguler di kompetisi kasta tertinggi meski usianya baru menginjak 21 tahun.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023, Ada 'Andil' dari Timnas Argentina dan Napoli?

Pasalnya, pada musim 2022/2023, Songchai Thongcham sudah tercatat bermain 25 kali di semua ajang, baik itu Thai League, Thai League Cup, hingga Thai FA Cup.

Catatan penampilannya juga cukup menarik. Sebab, pemain berpostur 184 cm ini bisa memainkan sejumlah peran yang berbeda. Selain tampil sebagai bek tengah, dia juga bisa diplot sebagai bek kanan hingga gelandang kanan.

Sayangnya, kiprah impresif Songchai Thongcham yang telah menampilkan permainan istimewa bersama Timnas Thailand U-22 selama SEA Games 2023 gagal berlanjut saat menghadapi Timnas Indonesia U-22.

Sebelumnya, dia turut membantu timnya mencatatkan jumlah kebobolan yang minim. Dari lima laga, Thailand hanya kebobolan tiga kali. Semuanya bersumber dari laga penyisihan.

Namun, saat menghadapi Indonesia di partai final, skuad asuhan Issara Sritaro justru kemasukan lima gol yang membuat mereka harus gigit jari karena gagal meraih emas SEA Games 2023.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More