Rauhanda Riyantama
Momen bek Thailand, Songchai Thongcham lakukan blunder yang berujung gol Irfan Jauhari. (Youtube)

Bolatimes.com - Bek Timnas Thailand U-22, Songchai Thongcham, barang kali menjadi salah satu pihak yang merasa paling merana setelah timnya kalah dari Timnas Indonesia U-22 di final SEA Games 2023.

Sebab, setelah sempat melancarkan psywar kepada Timnas Indonesia U-22 dan pendukungnya, Songchai Thongcham justru melakukan blunder fatal yang membuat timnya kebobolan gol Irfan Jauhari.

Momen blunder yang dilakukan Songchai Thongcham ini bermula pada menit ke-92. Kesalahannya dalam mengontrol bola justru membuat Irfan Jauhari mampu merebutnya.

Baca Juga:
Pernyataan Lengkap Indra Sjafri usai Persembahkan Medali Emas SEA Games 2023

Penyerang asal Persis Solo ini langsung menggiring bola menuju kotak penalti Thailand. Saat berhadapan dengan kiper lawan, Jauhari dengan tenang mencungkil bola untuk melewati adangan.

Bola pun akhirnya meluncur deras ke gawang Thailand. Gol ketiga ini menandai awal mula dari kebangkitan Timnas Indonesia U-22 yang sempat kecolongan gol menit-menit akhir.

Baca Juga:
Bikin Haru! Adi Satryo Tak Bisa Temani Istri saat Lahiran, Dibayar Tuntas dengan Persembahkan Medali Emas

Setelah momen yang menjadi titik balik ini, Garuda Muda berhasil menguasai pertandingan. Dua gol tambahan dari Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra Nugraha pun menutup keunggulan Timnas Indonesia U-22.

Selepas pertandingan berakhir, Songchai Thongcham menyampaikan permohonan maafnya kepada suporter Thailand. Dia merasa menjadi sosok yang paling bertanggung jawab atas kekalahan memalukan ini.

"Maaf untuk semuanya. Saya bermain sangat buruk hari ini dan meminta maaf kepada rekan satu tim dan juga staf pelatih," buka Songchai di laman Facebook.

Baca Juga:
Jauh Sebelum Insiden Pukul Komang Teguh di SEA Games 2023, Kiper Soponwit Rakyart Pernah Lakukan Aksi Brutal

Jadi Hukuman karena Psywar

Sebelum melakukan kesalahan fatal yang membuat timnya kalah dari Timnas Indonesia U-22, Songchai Thongcham sebetulnya sempat membuat gaduh karena melancarkan psywar sebelum final SEA Games 2023.

Sebab, Songchai Thongcham meminta pendukung Timnas Indonesia U-22 untuk tidak repot-repot datang ke stadion untuk mendukung skuad Garuda Muda menghadapi Thailand di final SEA Games 2023.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023, Ada 'Andil' dari Timnas Argentina dan Napoli?

Sebaliknya, dia justru mempersilakan pendukung Thailand untuk menyaksikan laga yang akan berlangsung di Stadion Olympic, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023).

Hal itu disampaikan oleh Songchai Thongcham dalam sesi konferensi pers seusai Thailand lolos ke final SEA Games 2023 karena menjegal Myanmar dengan skor 3-0.

"Kepada fans Indonesia, jangan datang ke laga final. Tapi untuk fans Thailand silakan datang. Kami akan bermain 100% untuk kalian dan tim ini," ujarnya seperti dikutip dari Thairath.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More