Rauhanda Riyantama
Striker asing Borneo FC, Matheus Pato, usai mencetak brace ke gawang PSIS Semarang. (Instagram/@borneofc)

Bolatimes.com - Sepak bola Asia Tenggara memiliki 7 klub dengan nominal skuad termahal, salah satu klub Indonesia masuk dalam daftar ini.

Kualitas klub sepak bola tak hanya dilihat dari deretan prestasi yang diraih dan para pemain dengan nama mentereng yang dimiliki.

Namun dengan gelar juara yang ditorehkan dan pemain-pemain bintang yang dimiliki mampu meningkatkan value klub tersebut.

Baca Juga:
3 Pemain Kunci Timnas Indonesia U-22 saat Hajar Thailand di Final SEA Games 2023

Di Asia Tenggara terdapat 7 klub dengan value termahal, Indonesia memiliki satu yang termasuk dalam daftar, lantas siapa saja mereka? berikut daftarnya yang dilansir dari Transfermarkt.

7. Borneo FC Samarinda

Klub asal Pulau Kalimantan ini duduk di posisi ketujuh sebagai klub termahal di Asia Tenggara dengan nominal Rp96,21 miliar.

Baca Juga:
Catatan Apik Indra Sjafri, Persembahkan 3 Gelar Juara untuk Timnas Indonesia

Saat ini Borneo FC bermain di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 dan bersiap menyambut musim baru 2023-2024.

Kualitas Borneo FC juga semakin teruji sebagai salah satu tim penghuni empat besar klasemen akhir Liga 1 2022-2023.

6. Muangthong United

Baca Juga:
Profil Qasim Matar Ali Al-Hatmi, Wasit yang Prank Timnas Indonesia U-22 di Final SEA Games 2023

Muangthong United bermain di kasta teratas Liga Thailand dan sebagai penghuni peringkat empat klasemen akhir 2022-2023.

Salah satu klub termahal di Asia Tenggara ini berstatus juara lokal dengan torehan 4 trofi Thai Champions sepanjang sejarah.

Saat ini Muangthong memiliki nilai pasaran sebesar Rp98,64 miliar.

Baca Juga:
Congkak Larang Fans Timnas Indonesia U-22 Tonton Final SEA Games 2023, Ini Reaksi Songchai Thongcham Usai Thailand Kalah

5. Port FC

Perlahan tapi pasti, nama Port FC semakin dikenal di kancah sepak bola Asia Tenggara seiring performa impresif mereka di kompetisi lokal.

Di musim 2022-2023, Port FC berhasil menduduki peringkat ketiga klasemen akhir tepat di atas Muangthong United.

Salah satu tim unggulan milik Thailand di kancah internasional itu saat ini memiliki nilai pasaran mencapai Rp103,86 miliar.

4. Lion City Sailors

Klub yang berkiprah di divisi utama Liga Singapura, memiliki nilai pasaran mencapai Rp106,20 miliar dan merupakan salah satu yang mendominasi Singapore Premier League.

3. BG Pathum United

Thailand tak kekurangan klub mahal, BG Pathum United menjadi klub kesekian Negeri Pagoda dengan nilai pasaran termahal di Asia Tenggara.

Meskipun kiprahnya di Liga Thailand musim 2022-2023 terbilang buruk, berakhir di peringkat ke-9 namun memiliki nilai pasaran mencapai Rp111,24 miliar.

2. Johor Darul Ta'zim

Dominasi JDT di Liga Malaysia tak hanya di level permainan, tetapi juga nilai pasaran termahal di Asia Tenggara.

Klub yang saat ini dibela Jordi Amat ini memiliki nilai pasaran mencapai angka Rp153,83 miliar dan jadi kedua termahal di Asia Tenggara.

1. Buriram United

Jawara Liga Thailand ini menjadi tim teratas dengan nominal harga pasaran termahal di Asia Tenggara, Buriram United seharga Rp165,65 miliar.

Di musim 2022-2023, Buriram diperkuat pemain terbaik Thailand yang berpadu dengan pemain asing hingga menjadikan mereka jawara musim lalu.

Kontributor: Eko
Load More