Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-22 juara SEA Games 2023 usai kalahkan Thailand 5-2, Selasa (16/5/2023). (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Berikut deretan fakta menarik yang tercipta usai Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Thailand di final dan menyabet medali emas SEA Games 2023 cabang olahraga sepak bola putra.

Timnas Indonesia U-22 berhasil menuntaskan puasa medali emas, setelah berhasil membekuk Thailand dengan skor 5-2 di final SEA Games 2023, Selasa (16/5) malam WIB.

Dalam laga yang berlangsung di Olympic Stadium itu, tim arahan Indra Sjafri ini mampu unggul dua gol di babak pertama lewat Ramadhan Sananta di menit ke-20 dan 45+5.

Baca Juga:
Pelatih Thailand Kecewa Berat Dibungkam Timnas Indonesia U-22, Sebut Bukan Pertandingan Sepak Bola

Keunggulan ini nyatanya bertahan hingga babak kedua, sebelum akhirnya Thailand mampu menyamakan kedudukan di menit ke-65 lewat Anan Yodsangwal dan Yotsakorn Burapha di menit ke-90+7.

Kedudukan imbang 2-2 di waktu normal ini membuat laga yang berjalan dengan tensi panas ini dilanjutkan ke babak Extra Time.

Di babak tambahan waktu 2x15 menit itu, Timnas Indonesia U-22 berhasil mencetak tiga gol tambahan lewat Irfan Jauhari di menit ke-91, Fajar Fathur Rahman di menit ke-107, dan Beckham Putra di menit ke-120.

Baca Juga:
Kronologis Kericuhan di Final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand, Awalnya Dipicu Hal Ini

Usai berhasil mengandaskan Thailand, Timnas Indonesia U-22 pun berhak membawa pulang medali emas dari cabor sepak bola putra.

Di balik keberhasilan tim berjuluk skuad Garuda Muda ini mengalahkan Thailand dan menyabet medlai emas SEA Games 2023, ada beberapa fakta menarik yang tercipta.

Apa saja fakta menarik itu? Berikut ulasannya.

Baca Juga:
Kalah Dramatis dari Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, Akun Federasi Sepak Bola Thailand Beri Respons Tak Terduga

1. Emas Pertama dalam 32 Tahun

Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand dan menyabet medali emas mengakhiri penantian pecinta sepak bola Tanah Air untuk menjadi juara selama 32 tahun lamanya.

Medali emas SEA Games 2023 ini menjadi medali pertama sejak terakhir kali Timnas Indonesia meraihnya pada SEA Games 1991 silam.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Akhiri Puasa Gelar di SEA Games 2023, Erick Thohir: Alhamdulillah

2. Emas Ketiga dalam Sejarah Indonesia

Selain berhasil menuntaskan puasa medali emas, keberhasilan menyabet medali emas SEA Games 2023 ini menjadi keberhasilan ketiga Timnas Indonesia di pesta olahraga dua tahunan itu.

Selain meraih medali emas di SEA Games 1991 dan 2023, Timnas Indonesia pernah meraih medali emas pada 1987. Secara keseluruhan, tiga raihan medali emas ini masih kalah dari Thailand, Malaysia, dan Myanmar.

3. Selalu Raih Medali Emas via Extra Time

Sadar atau tidak, keberhasilan Timnas Indonesia meraih medali emas sebanyak tiga kali di cabor sepak bola SEA Games selalu didapatkan melalui babak Extra Time.

Di SEA Games 1987, Timnas Indonesia meraih medali emas usai mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 hingga di babak Extra Time.

Hal ini berlanjut di SEA Games 1991 kala mengalahkan Thailand di drama adu penalti usai bermain imbang 0-0 hingga Extra Time., serta menang di SEA Games 2023 5-2 atas rivalnya itu lewat babak Extra Time.

4. Final Terpanas Sepanjang Sejarah SEA Games

Final Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di SEA Games 2023 ini bisa dikatakan sebagai final terpanas di cabor sepak bola putra sepanjang sejarah pesta olahraga dua tahunan itu.

Sebab di laga tersebut, wasit mengeluarkan total tujuh kartu merah untuk pemain dan ofisial kedua kubu, serta mengeluarkan 12 kartu kuning.

5. Rekor Individu

Tak hanya meraih medali emas, penggawa Timnas Indonesia juga mencetak rekor. Rekor pertama adalah Ramadhan Sananta dan Fajar Fathur Rahman yang menjadi top skor SEA Games 2023 dengan 5 gol, bersama dengan penyerang Vietnam, Nguyen Van Tung.

Lalu rekor individu kedua dimiliki Witan Sulaeman, yang berhasil Hattrick medali usai meraih perak di SEA Games 2019, perunggu di SEA Games 2021, dan emas di SEA Games 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More