Rauhanda Riyantama
Pemain timnas U-22 Thailand, Songchai Thongcham (tengah). (Dok. Changsuek)

Bolatimes.com - Di SEA Games 2023, Thailand ternyata hanya memiliki tiga pemain yang pernah membela tim seniornya. Hal ini berbeda jauh dengan Timnas Indonesia U-22 yang jadi lawannya di final nanti.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-22 akan bersua Thailand dan memperebutkan medali emas di final SEA Games 2023 pada Selasa (16/5) malam WIB.

Di laga final ini, kedua tim diprediksi akan turun dengan kekuatan terbaiknya untuk bisa menorehkan prestasi tertinggi di pesta olahraga dua tahunan ini.

Baca Juga:
Mengenal Janis Rosalita Suprianto, Atlet Indonesia yang Sabet 3 Emas di SEA Games 2023

Di atas kertas, Thailand lebih diunggulkan ketimbang Timnas Indonesia U-22. Apalagi jika melihat sejarah pertemuan kedua tim.

Selain itu, tim berjuluk Gajah Perang ini punya status mentereng sebagai peraih medali emas terbanyak di cabang olahraga (cabor) sepak bola putra pada SEA Games dengan 9 medali emas.

Torehan 9 medali emas itu unggul jauh atas Timnas Indonesia yang hanya tercatat meraih medali emas sebanyak dua kali saja.

Baca Juga:
Dukungan Pemain Keturunan Jelang Timnas Indonesia vs Thailand di SEA Games 2023: Final Milik Kita!

Meski demikian, Timnas Indonesia U-22 pantang minder begitu saja dari Thailand jelang duel keduanya di partai final nanti.

Sebab, tim besutan Indra Sjafri yang didominasi pemain muda ini, bisa dikatakan jauh lebih berpengalaman ketimbang Thailand.

Hal ini terlihat dari banyaknya pemain muda Timnas Indonesia U-22 yang pernah cicipi penampilan di tim senior ketimbang Thailand.

Baca Juga:
Update Klasemen Medali SEA Games 2023: Indonesia Tertahan di Peringkat Ketiga, Berpeluang Tambah Emas

Tercatat, ada delapan penggawa Timnas Indonesia U-22 yang pernah tampil di level senior dan bahkan sebagian pernah menghadapi Timnas Thailand senior.

Sedangkan dari kubu Thailand, hanya ada tiga pemain saja yang ternyata pernah mencicipi caps di tim senior berjuluk Gajah Perang itu.

Ketiga pemain Thailand tersebut antara lain Teerasak Poeiphimai, Channarong Promsrikaew, dan Chatmongkol Rueangthanarot.

Baca Juga:
Termasuk Indra Sjafri, Berikut 6 Pelatih yang Pernah Bawa Timnas Indonesia ke Final SEA Games

Teerasak Poeiphimai sendiri merupakan penyerang yang baru berusia 20 tahun. Ia tercatat telah membela Timnas Thailand senior sebanyak dua kali.

Meski hanya dua kali membela tim senior. Teerasak Poeiphimai terbilang cukup bertaji dengan torehan empat gol di SEA Games 2023 ini.

Lalu ada nama Channarong Promsrikaew yang berusia 22 tahun. Pemain yang berposisi sebagai gelandang dan winger ini tercatat telah mengoleksi delapan caps bersama tim senior.

Sedangkan nama terakhir adalah Chatmongkol Rueangthanarot yang telah mengoleksi tiga caps bersama Timnas Thailand senior.

Jumlah caps yang dimiliki masing-masing pemain Thailand untuk tim seniornya itu ternyata masih lebih sedikit ketimbang para pemain Timnas Indonesia U-22.

Dengan kata lain, Thailand boleh jadi unggul lewat sejarah. Tapi secara pengalaman, Timnas Indonesia U-22 selangkah lebih baik ketimbang lawannya di final SEA Games 2023 itu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More