Rauhanda Riyantama
Alfeandra Dewangga saat tampil membela Timnas Indonesia U-22 (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Pratama Arhan dipastikan absen saat Timnas Indonesia U-22 melakoni laga final melawan Thailand di SEA Games 2023. Alfeandra Dewangga pun bisa menjadi opsi untuk menggantikan posisinya.

Duel Timnas Indonesia U-22 vs Thailand sendiri bakal berlangsung di Stadion Nasional Olimpiade, Kamboja, pada Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Sayangnya, skuad Garuda Muda harus bermain tanpa Arhan akibat kartu merah yang didapatkannya di laga semifinal melawan Vietnam.

Baca Juga:
Jelang Lawan Timnas Indonesia U-22 di Final SEA Games 2023, Pelatih Thailand Khawatirkan Hal Ini

Sejauh informasi yang diketahui Indra Sjafri, tak ada kebijakan pemutihan kartu untuk pemain yang absen di laga final karena terkena kartu merah. Terkait hal itu, Indra Sjafri pun harus memutar otak mencari penggantinya.

Kehilangan Arhan tentu menjadi kerugian besar buat Timnas Indonesia U-22, perannya sangat vital di lini belakang dan saat proses transisi menyerang.

Pratama Arhan juga bisa menjadi opsi untuk memberikan umpan melalui lemparan kedalam jarak jauh. Ini dibuktikan dengan dua kali lemparannya berujung pada gol saat melawan Vietnam.

Baca Juga:
Line Up Indonesia vs Jerman di Piala Sudirman 2023: Jojo hingga Apriyani/Fadia Beraksi

Lantas, apakah Alfeandra Dewangga cocok menggantikan Arhan di pos bek kiri?

1. Sama-sama Punya Kekuatan Kaki Kiri

Alfeandra Dewangga sama-sama punya kekuatan di kaki kirinya seperti Arhan. Hal ini tentunya akan mendukung tugas dari Dewangga yang akan mengisi pos bek kiri.

Baca Juga:
Jadwal Piala Sudirman 2023 Hari Ini: Indonesia vs Jerman, Jonatan Christie Cs Main

Kekampuan bertahan dan menyerang Dewangga juga cukup bagus seperti Arhan ketika berada di pos bek kiri sehingga dirinya akan cocok untuk menjadi penggantinya.

2. Punya Kemampuan Melepaskan Lemparan Jarak Jauh

Selain punya tendangan-tendangan akurat, Alfeandra Dewangga juga memiliki kemampuan lemparan ke dalam jarak jauh yang cukup baik.

Baca Juga:
Jadwal Final Bulu Tangkis SEA Games 2023: Dua Perang Saudara Wakil Indonesia

Kemampuan lemparan ke dalam jarak jauh Alfeandra Dewangga pernah beberapa kali dia tunjukkan saat membela klubnya di Liga 1 yaitu PSIS Semarang.

Lemparan ke dalam jarak jauh Dewangga ini pun bisa diandalkan menjadi salah satu opsi serangan Indonesia lawan Thailand di final SEA Games 2023

3. Dewangga Fleksibel

Indra Sjafri tentu butuh variasi serangan saat melawan Thailand. Dengan skema dasar 3-4-2-1 yang kerap dipakai Indra Sjafri dalam beberapa laga Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, Dewangga sebetulnya bisa bermain di berbagai posisi.

Jika Dewangga dipasang sejak awal sebagai bek kiri, dalam prakteknya ia bisa bergerak fleksibel sebagai bek tengah atau gelandang bertahan.

Kemampuan ini tentu akan menjadi opsi yang sangat membantu permainan Timnas Indonesia U-22 saat melawan Thailand.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More