Irwan Febri Rialdi
Purachet Thodsanid, pemain yang disebut mirip dengan Asnawi Mangkualam (TikTok/nydxyzr)

Bolatimes.com - Sejumlah nama pemain Thailand sudah mencuri perhatian pendukung asal Indonesia jauh sebelum pertandingan final melawan Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2023.

Sebetulnya, para pemain ini menyedot perhatian publik bukan karena kemampuan impresifnya yang mencuri perhatian di SEA Games 2023. Sebab, ada yang membuat pernyataan-pernyataan kontroversial yang menjurus pada perang urat syaraf.

Selain itu, ada pula pemain Thailand yang menjadi sosok provokator pada edisi SEA Games 2021. Ketika itu, aksi provokasinya sukses membuat dua pemain Indonesia diganjar kartu merah oleh wasit.

Baca Juga:
3 Momen Ngamuknya Komang Teguh Trisnanda di SEA Games 2023, Tantang Kamboja hingga Asisten Vietnam

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pemain Thailand yang mencuri perhatian menjelang duel melawan Timnas Indonesia U-22 di final SEA Games 2023.

1. Songchai Thongcham

Pemain timnas U-22 Thailand, Songchai Thongcham (tengah). (Dok. Changsuek)

Sebelum duel final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand, ada satu pemain lawan yang sudah langsung melancarkan psywar, yakni Songchai Thongcham.

Baca Juga:
Tak Ada Pemutihan, Pratama Arhan Resmi Absen di Final SEA Games 2023

Songchai Thongcham meminta pendukung Timnas Indonesia U-22 untuk tidak repot-repot datang ke stadion untuk mendukung skuad Garuda Muda menghadapi Thailand di final SEA Games 2023.

Hal itu disampaikan oleh Songchai Thongcham dalam sesi konferensi pers seusai Thailand lolos ke final SEA Games 2023 karena menjegal Myanmar dengan skor 3-0.

"Kepada fans Indonesia, jangan datang ke laga final. Tapi untuk fans Thailand silakan datang. Kami akan bermain 100% untuk kalian dan tim ini," ujarnya seperti dikutip dari Thairath.

Baca Juga:
Striker Thailand Sebut Timnas Indonesia U-22 Merupakan Tim yang Kuat, Respect!

2. Jonathan Khemdee

Bek Timnas Thailand U-22, Jonathan Khemdee. (Facebook/Changsuek)

Pemain Thailand selanjutnya yang juga mencuri perhatian publik Indonesia ialah Jonathan Khemdee, bek Timnas Thailand U-22 yang punya darah campuran Denmark.

Jonathan Khemdee sempat melakukan aksi-aksi provokatif saat Timnas Thailand U-22 berjumpa Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2021. Momen itu terjadi pada fase semifinal.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Main Kartu Jelang Lawan Thailand di Final SEA Games 2023

Pada pertandingan ini, Jonathan Khemdee kerap memancing emosi para pemain Indonesia. Aksi provokatif ini bahkan sampai membuat Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya diusir oleh wasit.

Pada pertandingan itu, Indonesia pada akhirnya memang hanya bermain dengan delapan pemain. Pasalnya, Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya mendapat kartu merah.

3. Purachet Thodsanit

Timnas Thailand U-22 usai mengalahkan Singapura 3-1 di laga pembuka grup B SEA Games 2023. (Instagram/@changsuek)

Nama yang terakhir dalam daftar ini ialah Purachet Thodsanit. Penggawa Timnas Thailand U-22 di SEA Games 2023 ini disebut-sebut punya kemiripan wajah dengan Asnawi Mangkualam.

Kemiripan wajah antara Thodsanit dan Asnawi ini ditemukan oleh netizen Tanah Air saat Thailand melakoni laga perdana SEA Games 2023 kontra Singapura pada Minggu (30/3) lalu.

Thodsanit yang tampil di laga tersebut, menarik atensi karena terlihat sekelas memiliki wajah yang mirip dengan kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu tersebut.

Meski memiliki wajah yang hampir mirip, perbedaan terlihat dari warna rambut, di mana Thodsanit mengecat rambutnya dengan warna pirang.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More