Irwan Febri Rialdi
Alfeandra Dewangga saat tampil membela Timnas Indonesia U-22 (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memiliki sejumlah pemain untuk menggantikan Pratama Arhan yang dipastikan absen pada laga melawan Thailand di final SEA Games 2023.

Pasalnya, Pratama Arhan mendapat larangan bermain karena memperoleh dua kartu kuning pada laga semifinal SEA Games 2023 melawan Vietnam.

Indra Sjafri tentu tak perlu risau akibat kehilangan pemain ini. Sebab, ada beberapa opsi yang bisa dimaksimalkan untuk menggantikan Pratama Arhan pada partai final SEA Games 2023 nanti.

Baca Juga:
Lakukan Salat Magrib usai Kandaskan Vietnam, Pemain Timnas Indonesia U-22 Disorot Netizen Gegera Sarung Nyeleneh

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pemain yang bisa menggantikan Pratama Arhan saat Timnas Indonesia U-22 jumpa Thailand di final SEA Games 2023.

1. Haykal Al-Hafiz

Salah satu pemain yang bisa menggantikan posisi Pratama Arhan ialah Haykal Al-Hafiz. Pemain yang baru saja direkrut PSIS Semarang ini posisi naturalnya memang bermain sebagai full back kiri.

Baca Juga:
Pelajari Regulasi SEA Games 2023, Pratama Arhan Bisa Tampil Lawan Thailand di Final?

Sejauh ini, Haykal sudah mencatatkan satu penampilan bersama Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Momen itu tepatnya terjadi ketika Garuda Muda menghadapi Kamboja pada laga terakhir Grup A.

Haykal memang punya kualitas yang cukup apik untuk memainkan posisi ini, terutama berkaitan dengan akurasi umpan silang. Oleh karena itu, dia layak menjadi pengganti sepadan Pratama Arhan di partai final.

2. Ilham Rio Fahmi

Baca Juga:
Ditantang Baku Hantam Pelatih Vietnam, Manajer Silat Indonesia Ini Ternyata Kopassus, Netizen: Perang Aja Dia Siap

Selanjutnya, ada nama Ilham Rio Fahmi yang bisa dipertimbangkan Indra Sjafri untuk menggantikan Pratama Arhan pada partai final SEA Games 2023.

Rio Fahmi memang posisi bermain naturalnya sebagai bek kanan. Namun, pemain asal Persija Jakarta ini bisa juga ditempatkan menjadi bek kiri andai dibutuhkan.

Setidaknya, peran itu telah dimainkan Rio Fahmi saat Timnas Indonesia U-22 menjegal Vietnam di semifinal. Pada laga ini, Rio Fahmi masuk pada babak kedua untuk menggantikan Witan Sulaeman.

Baca Juga:
Tertarik Tangani Raja ASEAN, Keisuke Honda Malah Dihujat Netizen: Skill Melatih Rata-rata, Pengin Latih Tim Besar

Pergantian ini dilakukan Indra Sjafri lantaran Pratama Arhan mendapat kartu kuning kedua dan Garuda Muda butuh sosok pengisi lubang yang ditinggalkan pemain asal Tokyo Verdy itu.

3. Alfeandra Dewangga

Pemain lainnya yang juga punya kemampuan untuk dipasang sebagai bek kiri Timnas Indonesia U-22 pada partai final nanti ialah Alfeandra Dewangga.

Memang, posisi bermain naturalnya ialah sebagai bek tengah. Namun, Dewa punya kemampuan multi-posisi untuk memainkan sejumlah peran di atas lapangan.

Di SEA Games 2023 ini, dia sudah merasakan dua posisi yang berbeda. Selain jadi bek tengah, dia juga sering diplot Indra Sjafri untuk mengisi peran sebagai gelandang bertahan.

Kalaupun dibutuhkan, pemain asal PSIS Semarang ini mampu diplot sebagai bek kiri. Dia beberapa kali mendapatkan peran itu di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More