Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Vietnam Philippe Troussier. (dok.VFF)

Bolatimes.com - Pelatih Vietnam Philippe Troussier kecewa skuadnya gagal ke final SEA Games 2023 setelah kalah dari Timnas Indonesia U-22, Sabtu (13/5/2023) malam WIB. Menurutnya, kekalahakan ini karena kurang fokus dan minim pengalaman.

Pada laga yang digelar di Stadion Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Vietnam harus mengakui keunggulan Indonesia dengan skor 2-3.

Bertarung sengit sejak awal, The Young Golden Star kalah dramatis dari Garuda Muda.

Baca Juga:
Momen Pelatih Vietnam Bawa Jepang Juara Piala Asia 2000, Kini Jumpa di Piala Asia 2023

Gol-gol kemenangan Garuda Muda dipersembahkan oleh Komang Tri (9'), Muhammad Ferrari (53') dan Muhammad Taufany (90'+5). Sedangkan gol Vietnam berasal dari Nguyen Duc Phu (35') dan gol bunuh diri Bahas Kaffa (78').

Seusai pertandingan Philippe Troussier mengatakan para pemainnya tampil bagus. Namun, kecolongan di menit akhir membuktikan jika para pemainnya masih minim pengalaman.

"Kecewa dengan hasil ini. Namun, fakta bahwa dua kali tertinggal dan kami bisa menyamakan kedudukan menunjukkan para pemain punya keberanian dan melakukan taktik dan gaya permainan yang diinginkan dengan baik," kata Troussier usai laga disadur dari Bongda24h.

Baca Juga:
Momen Gol Berkelas Komang Teguh ke Gawang Vietnam, Berkat Assist Lemparan Jarak Jauh Pratama Arhan

"Kebobolan gol di menit-menit terakhir menggambarkan kelemahan kami, yang tidak cukup pengalaman. Setelah Indonesia menerima kartu merah dan kami lebih unggul, tetapi kurangnya pengalaman menyebabkan ketidakmampuan untuk membuat keputusan akhir yang tepat," jelasnya.

Lebih lanjut, Troussier menyebut dua gol yang diciptakan Timnas Indonesia U-22 tidak seharusnya terjadi. Pasalnya, pemain Vietnam sudah berlatih mengantisipasi lemparan jauh Pratama Arhan.

"Kami kebobolan dari situasi lemparan ke dalam, yang merupakan gol yang seharusnya tidak terjadi. Kami telah mempersiapkan dan menganalisis permainan mereka, tetapi kurangnya fokus dan pengalaman kami gagal menghasilkan gol," terangnya.

Baca Juga:
Media Vietnam Beberkan 3 Keunggulan Timnas Indonesia U-22 di Semifinal SEA Games 2023

"Hal baiknya adalah para pemain masih mencoba, mengesampingkan kesalahan untuk terus berjuang sampai akhir," pungkas nahkoda asal Prancis.

Load More