Rauhanda Riyantama
Vietnam hajar SIngapura 3-1 di Grup B SEA Games 2023. (Dok. VFF)

Bolatimes.com - Jelang semifinal SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 wajib mewaspadai salah satu pemain Vietnam yang gemar memprovokasi lawan. Siapakah pemain itu?

Timnas Indonesia U-22 akan melakoni laga semifinal SEA Games 2023 yang akan menentukan langkahnya untuk meraih medali emas kala menghadapi Vietnam, Sabtu (13/5) pukul 16.00 WIB.

Vietnam sendiri merupakan tim yang punya rivalitas panjang dengan Indonesia di lapangan hijau, baik di level senior maupun kelompok umur.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam di Semifinal SEA Games 2023 Sore Ini

Dalam setiap pertemuan kedua negara ini, laga panas penuh duel keras disertai intrik tercipta, yang lahir dari provokasi para pemain Vietnam.

Di semifinal Piala AFF 2022 lalu, ada nama Doan Van Hau yang membuat para pemain dan pendukung Timnas Indonesia jengkel bukan kepalang dengan aksi provokasinya.

Aksi provokasi Doan Van Hau itu pun tak disangka bisa membuat emosi para pemain Timnas Indonesia terpancing, sehingga skuad Garuda harus kalah di semifinal Piala AFF 2022 lalu.

Baca Juga:
Piala Asia 2023: Irak Pandang Remeh Timnas Indonesia, Cuma Anggap Jepang dan Vietnam Lawan Kuat

Menyadari selalu hadirnya provokasi dari pemain Vietnam, kapten Timnas Indonesia U-22, Rizky Ridho, pun mengingatkan rekan-rekannya agar tak terpancing emosi di pertandingan nanti.

“Untuk saya pribadi harus bisa mengontrol emosi, karena kita semua tahu kedua tim sama-sama akan mencoba untuk bermain maksimal dan ketat,” ucapnya saat konferensi pers jelang laga.

Himbauan yang datang dari Rizky Ridho ini berkaca pada pengalamannya membela Timnas Indonesia senior saat melawan Vietnam di Piala AFF 2022 lalu.

Baca Juga:
Jadwal Lengkap Piala Sudirman 2023, Indonesia Hadapi Kanada di Laga Perdana

Selain itu, himbauan sang kapten ini juga tak lepas dari kehadiran pemain Vietnam yang gemar melakukan provokasi ke lawan sepanjang SEA Games 2023 ini.

Pemain tersebut adalah Nguyen Thanh Nhan. Sama seperti Doan Van Hau, ia merupakan pemain yang beroperasi di sisi kiri Timnas Vietnam untuk SEA Games 2023 ini.

Pemain berusia 22 tahun itu dikenal provokatif terhadap lawan, terutama saat laga ketiga grup B melawan Malaysia, Senin (8/5) lalu.

Baca Juga:
Kenangan Pahit, Media Vietnam Takut Momen SEA Games 2011 Terulang saat Timnas Indonesia U-22 Menang di Semifinal

Dalam laga itu, pemain yang membela Hoang Anh Gia Lai ini berhasil membuat dua pemain Malaysia harus mendapat kartu merah karena provokasi yang ia berikan.

Kartu merah untuk Malaysia pertama didapatkan oleh Safwan Mazlan yang terpancing emosi sehingga bertindak kasar kepada Nguyen Thanh Nhan di menit ke-78.

Hanya berselang tiga menit kemudian, Malaysia kembali kehilangan satu pemain lagi setelah Najmudin Akmal mendapat kartu kuning kedua karena melanggar Nguyen Thanh Nhan.

Dengan fakta bahwa Nguyen Thanh Nhan bisa membuat lawan melakukan pelanggaran terhadapnya hingga dikartu merah, para pemain Timnas Indonesia U-22 pun wajib waspada agar tak merugikan tim di semifinal SEA Games 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More