Irwan Febri Rialdi
Kiper keturunan Indonesia, Cyrus Margono. (Instagram/@cmargono)

Bolatimes.com - Sejauh ini, proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia sudah mulai memperlihatkan titik terang. Setidaknya, ada tiga nama pemain yang akan segera menyandang status sebagai WNI.

Indonesia memang harus kehilangan Justin Hubner yang membatalkan proses naturalisasinya. Pemain keturunan Indonesia-Belanda ini dikabarkan mengajukan syarat baru untuk menjadi WNI.

Meskipun demikian, ada beberapa nama pemain yang tetap bersedia untuk melanjutkan proses naturalisasinya meski gelaran Piala Dunia U-20 2023 dibatalkan di Indonesia.

Baca Juga:
Dilepas Bali United, Kiper Andalan Shin Tae-yong Kembali ke Borneo FC

Yang terbaru, ada penjaga gawang yang kini tengah berkarier di kasta kedua Liga Yunani yang disebut-sebut sudah bersedia untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pemain keturunan yang kabarnya akan segera menjalani proses naturalisasi untuk menjadi WNI.

1. Ivar Jenner

Baca Juga:
Media Vietnam Bongkar Kontestan Termahal SEA Games 2023, Timnas Indonesia Tak Disangka Jadi Pemimpin

Pemain keturunan pertama dalam daftar ini yang akan segera mendapatkan status sebagai warga negara Indonesia (WNI) ialah Ivar Jenner.

Gelandang muda asal klub Jong FC Utrecht ini sebetulnya sudah menjalani proses naturalisasi yang cukup lama. Mereka diproyeksikan tampil bersama Timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 2023.

Meskipun gagal tampil di Piala Dunia U-20, Ivar Jenner tetap bersedia melanjutkan proses naturalisasinya. Exco PSSI, Arya Sinulingga, menyebut bahwa proses pengambilan sumpah akan dilakukan pada akhir Mei 2023.

Baca Juga:
3 Keuntungan Jika Timnas Indonesia Jadi Lawan Uji Coba Argentina

2. Rafael Struick

Selain Ivar Jenner, pemain keturunan Indonesia-Belanda kedua yang juga akan menjalani sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI) ialah Rafael Struick.

Pemain yang saat ini bermain bersama ADO Den Haag itu masih menunggu berakhirnya kalender kompetisi di Negeri Kincir Angin yang rencananya berakhir pada Minggu ketiga bulan Mei 2023.

Baca Juga:
Profil Kamerun, Negara Top Afrika Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023

“Ivar Jenner dan Rafael Struick selesai kompetisi Mei minggu ketiga. Proses menunggu mereka selesai kompetisi,” tulis Arya melalui akun Instagram-nya.

3. Cyrus Margono

Pemain terbaru yang dikabarkan bersedia untuk menjadi warga negara Indonesia ialah penjaga gawang asal Panathinaikos B, Cyrus Margono.

Kiper yang berkompetisi di kasta kedua Liga Yunani. Ini memang memiliki darah keturunan Indonesia meskipun besar di Amerika Serikat.

Sebagai informasi, Cyrus Margono sudah memiliki keinginan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Dia juga disebut-sebut sedang mengurus paspor Indonesianya untuk menjadi WNI.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More