Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong (kanan) mengawasi latihan para pemainnya di Lapangan C Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (8/2/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 berhasil menang 3-0 atas Filipina di laga pertama SEA Games 2023, Sabtu (29/4/2023). Meski begitu, performa anak asuh Indra Sjafri dinilai masih banyak kekurangan oleh penerjemah Shin Tae-yong.

Skuad Garuda Muda menang dengan skor 3-0 berkat gol Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, dan Fajar Fatur Rahman. Namun, performanya masih dianggap masih penuh dengan kekurangan.

Penerjemah Shin Tae-yong yang bernama Jeong Seok-seo atau Jeje membongkar apa saja kesalahan yang dilakukan timnas Indonesia U-22. Pertama para bek yang tidak mendekat ke kiper saat backpass.

Baca Juga:
Skuad Asuhan Philippe Troussier Menang di Laga Perdana SEA Games 2023, Media Vietnam Malah Waswas

"Menit ke-17 waktu itu bek umpan ke kiper, tapi setelah itu tidak ada yang gerak (mendekat ke kiper). Artinya mengalihkan tanggung jawab ke kiper. Habis itu kiper ditekan lawan dan bola ditendang jadi out," ucap Jeje di akun TikTok pribadinya.

"Kiper pun sebenarnya harus dianggap pemain field, bukan cumah menangkap bola tapi juga ya bisa bermain dengan kaki. Jadi untuk itu harus ada gerakan yang lebih baik," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jeje membeberkan pemain timnas Indonesia U-22 beberapa kali membiarkan lawan melakukan crossing.

Baca Juga:
Susah Payah Kalahkan Laos, Vietnam Disebut Ngimpi Bisa Raih Medali Emas SEA Games 2023

"Pada menit ke-37 memang bukan momen ini saja, lawan dibiarkan melakukan crossing. Harusnya datang (press) biar tidak bisa melakukan crossing," ujar Jeje.

Pasalnya dari analisa tersebut, Jeje amengatakan crossing itu bisa menjadi awal petaka bagi tim. Sebab, hal itu bisa berbuah gol dari lawannya.

Terakhir ia menyoroti Fajar Fatur Rahman yang mengulur waktu. Penerjemah Shin Tae-yong menyebut hal tersebut seharusnya tidak perlu dilakukan karena bisa merugikan diri sendiri jika pemain diberi kartu kuning.

Baca Juga:
Pandang Remeh Timnas Indonesia U-22, Media Vietnam Sebut Kamboja yang Jadi Ancaman di SEA Games 2023

Sementara itu, tidak hanya kekurangan, Jeje mengatakan timnas Indonesia U-22 juga punya kelebihan. Namun, hal itu tidak perlu dibeberkan agar pemain tidak jemawa.

Load More