Rauhanda Riyantama
Aksi Marselino Ferdinan saat Timnas Indonesia U-22 kalahkan Filipina 3-0 di laga perdana Grup A SEA Games 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - SEA Games 2023 cabang olahraga (cabor) sepak bola resmi dimulai pada Sabtu (29/4/2023), sejumlah pemain menarik perhatian lewat aksinya termasuk salah satunya Marselino Ferdinan.

Sepak bola menjadi cabor paling menarik perhatian di SEA Games 2023, dengan sejumlah peraturan baru yang cukup unik.

Di mana para kontestan hanya boleh menyertakan pemain yang berusia 22 tahun atau di bawahnya, selain itu hanya ada 20 pemain yang disertakan.

Baca Juga:
Susah Payah Kalahkan Laos, Vietnam Disebut Ngimpi Bisa Raih Medali Emas SEA Games 2023

Meski begitu, aturan cukup unik itu tak membuat sederet talenta berbakat sepak bola Asia Tenggara lenyap.

Bahkan beberapa di antaranya sudah mempertontonkan aksi ciamik di awal pembukaan SEA Games 2023 cabor sepak bola putra.

Lantas siapa saja yang bakal menyandang sebagai pemain bintang di SEA Games 2023? berikut beberapa pemain yang diprediksi.

Baca Juga:
Mengenal Cassandre Nicole Tubbs, Atlet Taekwondo Cantik Asal Kamboja di SEA Games 2023

1. Marselino Ferdinan (Indonesia)

Marselino membawa status mentereng di SEA Games 2023, yakni pemain abroad di Liga Belgia dan pemain muda terbaik Piala AFF 2022.

Kualitasnya pun terbukti saat membawa Indonesia menggilas Filipina di laga perdana fase Grup A dengan skor 3-0.

Baca Juga:
Menang di Laga Perdana, Bek Andalan Timnas Indonesia U-22: Ini Baru Permulaan

Usianya baru 18 tahun, namun Marselino memerankan bagian penting lebih dari porsinya sebagai gelandang.

Marselino juga sudah mencatat 12 caps bersama timnas senior, hal itu membuatnya semakin digadang-gadang sebagai bintang ASEAN yang bakal segera bersinar.

2. Le Van Do (Vietnam)

Baca Juga:
Pandang Remeh Timnas Indonesia U-22, Media Vietnam Sebut Kamboja yang Jadi Ancaman di SEA Games 2023

Bicara soal pemain muda terbaik Asia Tenggara tak lengkap jika tidak menyertakan pemain dari Vietnam, salah satu rival berat Indonesia.

Le Van Do pemain Police Hanoi FC yang tampil mengesankan di V-League 1, digadang-gadang sebagai bakat besar Vietnam saat ini.

Di bawah komando Philippe Troussier, Le Van Do beroperasi sebagai bek sayap dalam formasi andalan 3-4-3.

3. Sieng Chanthea (Kamboja)

Kamboja berstatus sebagai kuda hitam di SEA Games 2023, status tuan rumah menjadi kekuatan tersendiri selain para pemain muda terbaik.

Sieng Chanthea misalnya, pemain berusia 20 tahun ini punya pengalaman bermain yang tidak sedikit sejak debut di timnas saat usianya 16 tahun.

Bahkan rekor dicatatkan oleh Sieng sebagai pencetak gol tercepat SEA Games 2019, Chanthea hanya butuh 8 detik untuk mencetak gol ke gawang Myanmar saat itu.

4. Channarong Promsrikaew (Thailand)

Thailand tentu memiliki pemain muda berbakat masa depan, dialah Channarong Promsrikaew yang mampu ditempatkan di beberapa posisi.

Di antaranya gelandang serang, gelandang sayap, second striker hingga penyerang tengah, kemampuanya pun sudah teruji di level klub.

Usianya masih muda tapi sudah menjadi starter reguler di Chonburi FC yang berkompetisi di Thai League 1 dan sudah mencatat 3 gol dan 1 assist dari 25 laga.

Sosoknya pernah menghabiskan satu musim pada 2021-2022 sebagai pemain pinjaman di klub kasta keempat Liga Spanyol, Union Adarve.

5. Azam Azmi (Malaysia)

Meski tak diperkuat pemain muda terbaik usai Johor Darul Ta'zim (JDT) menolak melepas pemain tersebut, Malaysia masih punya kekuatan tersendiri di SEA Games 2023.

Dialah Azam Azmi, pemain Terengganu FC berposisi sebagai bek kanan dan usianya masih 22 tahun tapi sudah bermain reguler di klub.

Memiliki 6 caps di timnas senior, statistik mengesankan membuat Azam Azmi memperebutkan tempat utama di skuad Harimau Malaya bersama Matthew Davies, Dion Cools dan Syahmi Safari.

Kontributor: Eko
Load More