Arif Budi Setyanto
Nguyen Duc Phu (paling belakang). (dok.VFF)

Bolatimes.com - Vietnam diragukan bisa meraih medali emas lagi di SEA Games 2023. Hal itu usai anak asuh Philippe Troussier susah payah mengalahkan Laos.

Di laga pertama grup B SEA Games 2023, Vietnam bertemu Laos. Tim muda Golden Stars ini memang bisa meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Dua gol Vietnam itu dicetak Nguyen Van Tung pada menit kedua dan Nguyen Quoc Viet jelang berakhirnya pertandingan atau di masa injury time.

Baca Juga:
Menang di Laga Perdana, Bek Andalan Timnas Indonesia U-22: Ini Baru Permulaan

Meski meraih kemenangan, performa Vietnam dianggap jauh dari kata sempurna. Bahkan legenda mereka Vu Manh Than menyebut anak asuh Torussier masih tegang.

"Hasil 2-0 mencerminkan kondisi pertandingan dan mentalitas pemain. Secara keseluruhan tim sangat tegang karena kami tidak mempersiapkan diri dengan baik sebelum turnamen," ucap Vu Manh Than dikutip dari Soha.vn, Senin (1/5/2023).

Berkaca dengan hasil itu, Vietnam dianggap bakal kesusahan di SEA Games 2023. Pasalnya bertemu tim yang levelnya di bawah mereka, Young Golden Stars kesusahan menang.

Baca Juga:
Pandang Remeh Timnas Indonesia U-22, Media Vietnam Sebut Kamboja yang Jadi Ancaman di SEA Games 2023

"Pelatih Troussier ingin membiarkan tim menahan bola untuk menyerang, tapi taktiknya tidak jelas. Cara kami bermain tidak memunculkan insiatif," ujarnya.

"Kami beruntung masih bertemu Laos, tim yang lebih lemah. Level mereka tidak terlalu bagus. Bahkan sebelum kami mencetak gol kedua, Laos empat hampur menyamakan kedudukan," imbuhnya,

Maka dari itu, jika performanya tidak berkembang Vu Manh Than menyebut Vietnam bisa gagal menembus final SEA Games 2023. Artinya mereka tidak akan mempertahankan medali emas yang sudah diraih dua kali beruntun di edisi sebelumnya.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-22 vs Myanmar di Laga Kedua Grup A SEA Games 2023

"Setelah pertandingan lawan Laos, siapa yang berani percaya kami akan lolos final? Itu tidak mudah bagi kami bertemu Singapura dan rintangan terberatnya yaitu Malaysia. Tidak usah menyebut Thailand karena mereka sangat kuat," tukasnya.

Load More