Rauhanda Riyantama
Anthony Sinisuka Ginting saat juara Badminton Asia Championships 2023. (Twitter/@INABadminton)

Bolatimes.com - Berikut tiga rekor yang diciptakan oleh pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, pasca menjuarai Badminton Asia Championship (BAC).

Kancah bulu tangkis Indonesia kembali menuai prestasi di level internasiona lewat salah satu putra terbaiknya, Anthony Sinisuka Ginting.

Pebulu tangkis berusia 26 tahun itu belum lama ini berhasil menyabet gelar juara Badminton Asia Championship (BAC) 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Baca Juga:
Skuad Asuhan Philippe Troussier Menang di Laga Perdana SEA Games 2023, Media Vietnam Malah Waswas

Pebulu tangkis peringkat kedua dunia versi BWF itu mampu menyabet gelar juara usai mengandaskan perlawanan wakil Singapura, Loh Kean Yew, Minggu (30/4) malam WIB.

Dalam duel yang berlangsung di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Ginting mampu membekuk Lon Kean Yew dua set langsung dengan skor 21-12 dan 21-8.

Hebatnya, Ginting mampu mengalahkan pebulu tangkis peringkat ketujuh dunia versi BWF itu dalam waktu yang teramat singkat, yakni 28 menit saja!

Baca Juga:
Reaksi Keisuke Honda usai Kamboja Bantai Timor Leste, Sentil Timnas Indonesia U-22

Berkat keberhasilannya menyabet gelar juara BAC 2023, Ginting pun kemudian menorehan beberapa rekor fantastis.

Apa saja rekor yang berhasil dipecahkan oleh pebulu tangkis kelahiran Cimahi tersebut? Berikut rangkumannya.

1. Gelar Pertama

Baca Juga:
Ruang Ganti Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 Disorot Netizen, Barang Tak Terduga Jadi Penyebabnya

Berkat kemenangannya atas Loh Kean Yew, Anthony Sinisuka Ginting pun berhasil meraih gelar Badminton Asia Championship (BAC) pertama dalam kariernya.

Sejak berpartisipasi pertama kali pada 2016, pencapaian terbaik Ginting sebelum BAC 2023 adalah mencapai babak perempat final pada edisi 2022 lalu.

Kini Ginting pun berhasil meraih gelar perdananya di BAC 2023 dan menyusul nama-nama beken serta legenda-legenda bulu tangkis tunggal putra Indonesia.

Baca Juga:
Koleksi 34 Gol, Erling Haaland Kini Samai Rekor Andy Cole dan Alan Shearer di Liga Inggris

2. Gelar Pertama Tunggal Putra Indonesia dalam 16 Tahun

Keberhasilan Anthony Sinisuka Ginting menjuarai BAC 2023 membuat tunggal putra Indonesia mengakhiri puasa gelar di ajang ini yang telah berlangsung 16 tahun.

Sebelum Ginting menjadi juara, terakhir kali tunggal putra keluar sebagai juara Badminton Asia Championship terjadi pada 2007 silam.

Saat itu, Taufik Hidayat berhasil menjadi juara dan meneruskan kiprah tunggal putra Indonesia yang berhasil meraih gelar BAC sejak tahun 2000 hingga 2007 sebanyak enam kali.

3. Gelar Juara Setara Super 1000 Pertama

Badminton Asia Championship (BAC) merupakan turnamen bulu tangkis bergengsi yang melibatkan seluruh pebulu tangkis ternama di Asia.

Karena gengsinya, ajang ini pun dianggap setara turnamen BWF Super 1000. Sehingga, gelar juara yang didapat Anthony Sinisuka Ginting di BAC 2023 ini pun menjadi rekor pribadi baginya.

Gelar BAC 2023 ini menjadi gelar bergengsi pertamanya sejak 2018 lalu, kala terakhir kali menjuarai turnamen Super 1000 di ajang China Open 2018.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More