Husna Rahmayunita
Pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-Yong (tengah) menyapa suporter usai pertandingan melawan Myanmar U-19 dalam matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam. [ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah]

Bolatimes.com - Sejumlah nama pelatih layak dipertimbangkan untuk menjadi juru taktik baru Timnas Indonesia U-20 setelah PSSI melakukan perubahan tanggung jawab untuk Shin Tae-yong.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan Shin Tae-yong akan mendampingi Timnas Indonesia untuk ajang Asian Games 2023 pada September 2023. Ia kini hanya akan fokus untuk Timnas U-23 dan timnas senior untuk FIFA Matchday.

"Tetap Shin Tae-yong (pelatih di Asian Games dan FIFA Matchday). Saya sudah bicara dengan coach Shin yang akan fokus di U-23 dan tim senior," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (28/04/2023).

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Bantai Filipina, Ketum PSSI Ingatkan 4 Hal

Setidaknya, ada beberapa nama pelatih lokal yang layak dipertimbangkan untuk mengisi kekosongan kursi pelatih Timnas Indonesia U-19.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pelatih yang cocok menggantikan Shin Tae-yong untuk menangani Timnas Indonesia U-20.

1. Bima Sakti

Baca Juga:
Rio Fahmi, Pencetak Dua Assist Krusial di Balik Kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Filipina

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, saat memimpin sesi latihan. (Dok. PSSI)

Bima Sakti menjadi salah satu nama pelatih lokal yang patut diperhitungkan kapasitasnya dalam meracik strategi. Selama ini, dia memang lebih banyak bertugas sebagai pelatih Timnas Indonesia U-16.

Salah satu prestasinya ialah mengantarkan Timnas Indonesia U-16 meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022. Hal ini sudah cukup membuktikan tangan dingin dari eks-pemain Timnas Indonesia itu.

Jabatan pelatih Timnas Indonesia U-20 yang lowong memang layak diberikan kepada Bima Sakti. Apalagi, asisten Indra Sjafri di SEA Games 2023 ini juga telah menempuh kursus lisensi AFC Pro.

Baca Juga:
Hasil SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 Hajar Filipina 3-0

2. Fakhri Husaini

Pelatih Persela Lamongan, Fakhri Husaini. (Dok. LIB)

Pelatih lokal lainnya yang punya rekam jejak mentereng dalam menangani tim nasional di level usia muda ialah Fakhri Husaini.

Juru taktik asal Lhokseumawe ini pernah membawa anak asuhnya menjuarai Piala AFF U-16 pada edisi 2018. Tak hanya itu saja, pelatih berusia 57 tahun ini juga telah mengantongi lisensi AFC Pro.

Baca Juga:
Bek Timnas Indonesia U-22 Sebut Thomas Doll Selalu Beri Tekanan kepada Pemainnya, Ini Alasannya

Fakhri Husaini untuk saat ini berstatus sebagai Direktur Akademi Deltras Sidoarjo. Dia memang cukup layak untuk kembali bertugas menjadi pelatih Timnas U-20.

3. Nova Arianto

Asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto. (Bolatimes.com/Arif Budi)

Apabila salah satu parameter yang digunakan ialah kesinambungan dan garis koordinasi antarpelatih, maka nama yang patut dipertimbangkan ialah Nova Arianto.

Nova Arianto sudah memiliki pengalaman yang panjang selama mendampingi Shin Tae-yong, baik itu di level U-20, U-23, maupun senior.

Pelatih berlisensi A AFC ini tercatat bertugas sejak Januari 2020 sampai saat ini. Tentu, Nova sudah sangat memahami karakter dan gaya kepelatihan Shin Tae-yong.

Jika Nova menjadi pelatih terbaru yang ditunjuk untuk menangani Timnas Indonesia U-20, salah satu keuntungannya yakni terciptanya relasi yang baik antarlevel tim nasional.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More