Husna Rahmayunita
Cek Fakta: Pengurus Lama Ditangkap Gegara Utang Masuk Kantong, PSSI Tak Kasih Ampun. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Beredar informasi dengan narasi pengurus lama PSSI ditangkap dan ditahan karena persoalan utang yang belakangan ini merebak. Benarkah informasi tersebut?

Informasi itu diedarkan oleh kanal Kreator Bola yang diketahui dari Thumbnail serta judul video yang diunggahnya di platform YouTube.

Dalam Thumbnail video yang diunggah pada Kamis (27/4) itu, tertulis bahwa pengurus lama PSSI ditahan dengan kalimat ‘DETIK-DETIK PENGURUS LAMA MENANGIS MASUK MOBIL TAHANAN’.

Baca Juga:
Profil Filipina U-22: Lawan Pertama Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Lalu Thumbnail video Kreator Bola tersebut dibarengi dengan judul bombastis yang kian menegaskan informasi yang diedarkannya.

“PENGURUS LAMA DITANGKAP!! HUTANG 2 MILYAR TERNYATA MASUK KANTONG - PSSI TAK KASIH AMPUN,” bunyi judul video unggahan Kreator Bola.

Hingga artikel ini dibuat, video tersebut telah ditonton sebanyak 1,9 ribu kali dan menuai lima komentar dari netizen yang mendukung pemecatan terhadap orang lama PSSI.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Siap Tempur di SEA Games 2023, Begini Prediksi Egy Maulana Vikri

Lantas benarkah video tersebut?

PENJELASAN

Dalam video tersebut, sang narator membuka video mengenai kabar sepak bola Indonesia yang tengah hangat seiring keputusan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, melakukan audit.

Baca Juga:
Profil David Jacobs, Legenda Para Tenis Meja Indonesia yang Meninggal Dunia

Audit tersebut dilakukan terhadap manajemen keuangan PSSI. Disebutkan Erick Thohir menggandeng Ernst & Young yang merupakan sebuah kantor akuntan publik.

Sang narator menyebutkan bahwa Ernst & Young akan datang pada Rabu 26 April 2023, dan Erick Thohir telah meminta Sekjen PSSI, Yunus Nusi, untuk membuka semua data PSSI.

Data yang dibuka tersebut meliputi pencatatan keuangan PSSI dan laporan keuangannya dari 2017-2023. Diteruskan bahwa langkah ini diambil untuk keterbukaan PSSI.

Baca Juga:
Saddil Ramdani Main Penuh dan Cetak Gol, Sabah FC Kalahkan Selangor FC

Terlebih lagi dengan adanya kabar utang Rp2,16 miliar yang menerpa PSSI terhadap Elite Pro Academy, seiring sudah dibayarkannya kewajiban sponsor kompetisi tersebut.

Dalam Thumbnail video tersebut, pengunggah memasukkan foto Yunus Nusi yang tengah menangis dan disertai kalimat bahwa pengurus lama ditahan dan menangis saat masuk mobil tahanan.

Lalu dalam video tersebut, disebutkab pengurus lama ditangkap dan mengklaim utang Rp2,16 miliar masuk kantong.

Hal ini tak sesuai dengan narasi video yang hanya menjelaskan kabar masalah utang Rp2,16 miliar dan Erick Thohir menggandeng firma Ernst & Young untuk mengaudit PSSI.

Tak ada penjelasan mengenai pengurus lama PSSI ditangkap atau ditahan akibat persoalan utang terhadap Elite Pro Academy (EPA) tersebut.

Bahkan, tak ada kabar apapun mengenai penangkapan pengurus lama PSSI seperti yang diklaim kanal Kreator Bola lewat videonya tersebut.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan dalam narasi video tersebut, maka informasi yang diedarkan kanal Kreator Bola lewat video di platform YouTube-nya tak sesuai sama sekali.

Jika menghubungkan Thumbnail, judul, dan narasi video, maka informasi yang diedarkan kanal YouTube Kreator Bola masuk dalam kategori hoaks.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More