Husna Rahmayunita
Selebrasi Ramadhan Sananta usai menjebol gawang Barito Putera di BRI Liga 1 2022/2023. (Dok. PSM Makassar)

Bolatimes.com - Tiga pemain PSM Makassar dengan nilai pasar tertinggi, di mana dua pemain dengan nilai pasar termahal dikuasai oleh pemain asing.

PSM Makassar menjadi tim terbaik di Indonesia saat ini, menyusul keberhasilannya merengkuh gelar juara BRI Liga 1 musim 2022-2023.

Tim berjuluk Juku Eja ini mampu keluar sebagai juara di pekan ke-32, kala mengalahkan tuan rumah Madura United dengan skor 3-1 pada 31 Maret 2023 lalu.

Baca Juga:
Momen Pelatih Filipina U-22 Rob Gier Bobol Gawang Timnas Indonesia

Pasca menang atas Madura United, perolehan poin PSM pun tak mampu dikejar oleh para pesaingnya, yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung, sehingga berhak merengkuh gelar juara Liga 1.

Keberhasilan menjuarai Liga 1 2022-2023 ini pun mengakhiri penantian panjang PSM untuk bisa menjuarai kompetisi teratas sepak bola Tanah Air.

Sebelum menjadi juara Liga 1 2022-2023, tim kebanggaan kota Makassar ini terakhir kali menjadi kampiun pada tahun 2000 silam.

Baca Juga:
Mengenal Rafly Selang, Si Raja Assist Garuda Select 5

Gelar juara Liga 1 ini pun menjadi gelar berkesan bagi para pemain PSM sekaligus sang pelatih, Bernardo Tavares.

Bagi pelatih berpaspor Portugal itu, gelar Liga 1 2022-2023 menjadi gelar berkesan karena berhasil menjadi juara di musim pertamanya di Indonesia.

Sedangkan bagi para pemain PSM, gelar ini membuat nama mereka melambung, dan sekaligus meningkatkan nilai pasar mereka di kancah sepak bola.

Baca Juga:
Resmi, Marian Mihail Jadi Pelatih Baru PSS Sleman Gantikan Seto Nurdiantoro

Berkaca pada nilai pasarnya, siapa saja para pemain PSM dengan nilai pasar tertinggi saat ini? Berikut daftarnya.

1. Yuran Fernandes

Bek asing PSM Makassar, Yuran Fernandes. (Instagram/@psm_makassar)

Yuran Fernandez menjadi pemain dengan nilai pasar termahal di PSM saat ini. Diketahui, nilai pasarnya mencapai Rp5,3 miliar.

Baca Juga:
Susul Rizky Ridho, 8 Pemain Terbaru yang Dilepas Persebaya Surabaya

Nilai pasar sebesar ini tak lepas dari kontribusi bek berusia 28 tahun itu. Ia menjadi kunci di lini pertahanan PSM sehingga menjadi tim paling sedikit kebobolan kedua di Liga 1 2022-2023, di belakang Persija Jakarta.

Hebatnya, Yuran Fernandes mampu menjadi kunci pertahanan PSM di musim pertamanya. Ia baru bergabung pada 2022 lalu bersamaan dengan datangnya Bernardo Tavares.

2. Wiljan Pluim

Pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim. [dok. LIB]

Keberhasilan membawa PSM menjuarai Liga 1 2022-2023 membuat Wiljan Pluim menjadi pemain terbaik di kompetisi teratas Indonesia musim ini.

Pemain berpaspor Belanda berusia 34 tahun itu menjadi aktor utama di balik keberhasilan PSM menjadi juara dengan sumbangan 11 gol dan 10 assist dari 27 laga Liga 1 2022-2023.

Dengan catatan itu, tak ayal Wiljan Pluim punya nilai pasar yang terbilang tinggi, yakni sebesar 300 ribu euro atau setara dengan Rp4,9 miliar.

3. Ramadhan Sananta

Pemain PSM Makassar Ramadhan Sanantha selebrasi usai jebol gawang Persib Bandung di BRI Liga 1 2022. (Antara)

Ramadhan Sananta menjadi salah satu pemain lokal yang bersinar di PSM. Hal ini dibuktikannya dengan sumbangan 11 gol dari 24 laga di Liga 1 2022-2023.

Karena kiprahnya itu, pemain berusia 20 tahun ini pun dianggap sebagai salah satu pemain muda terbaik di Indonesia saat ini. Ia juga menjadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Hal ini pun berimbas pada citranya yang melonjak drastis dan membuat nilai pasarnya mencapai 250 ribu euro atau setara Rp4,1 miliar.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More