Irwan Febri Rialdi
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, dalam konferensi pers menjelang melawan Borneo FC. (YouTube/Persija)

Bolatimes.com - Beberapa nama pelatih top di kancah persepakbolaan Indonesia ternyata sempat berstatus tanpa klub alias menganggur sebelum meniti kiprahnya di Liga 1.

Namun demikian, kiprah mereka tetap dianggap sukses. Sebab, di bawah asuhannya, klub-klub yang menggunakan jasanya itu sukses melejit sebagai tim papan atas, terutama di ajang Liga 1 2022-2023.

Yang terbaru, ada pula nama pelatih asal Rumania yang dirumorkan bakal mendarat di Indonesia. Padahal, sebelumnya dia berstatus tanpa klub alias menganggur.

Baca Juga:
Profil Marian Mihail, Calon Pelatih Baru PSS Sleman yang Sudah Nganggur Lima Tahun

Tentu saja, kiprah pelatih ini patut dinantikan. Sebab, sebelumnya ada dua nama pelatih yang menganggur, tetapi justru bisa membawa kesuksesan bersama klubnya di Liga 1.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga pelatih yang sempat berstatus tanpa pekerjaan alias menganggur sebelum datang ke Liga Indonesia.

1. Thomas Doll

Baca Juga:
Penyebab Poin Juventus Dikembalikan, Kini Duduki Peringkat Tiga Klasemen Liga Italia

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. (Dok. LIB)

Thomas Doll memang sempat berstatus tanpa pekerjaan sebelum direkrut oleh Persija Jakarta pada medio April 2022.

Sebab, pekerjaan terakhirnya yakni sebagai pelatih klub sepak bola asal Siprus, APOEL Nicosia. Saat itu, dia hanya bekerja dalam durasi yang singkat, yakni dari Agustus hingga akhir Desember 2019.

Dengan kata lain, pelatih asal Jerman ini sempat menganggur selama lebih dari dua tahun sebelum diangkut Persija Jakarta sebelum Liga 1 2022-2023.

Baca Juga:
Link Live Streaming Manchester City vs Arsenal, Big Match Liga Inggris Malam Ini

2. Luis Milla

Luis Milla mulai memimpin latihan Persib Bandung pada Kamis (1/9/2022). (Dok. Liga Indonesia Baru)

Selanjutnya, pelatih ternama yang juga sempat menganggur sebelum datang ke Indonesia ialah Luis Milla. Sebelum direkrut Persib Bandung, dia memang tidak melatih.

Terakhir kali juru taktik asal Spanyol ini bekerja sebagai pelatih ialah ketika mengasuh Timnas Indonesia pada 2017 hingga 2018.

Baca Juga:
BAC 2023: Rinov/Tari Menang Mudah di Babak 32 Besar, Cuma Butuh Waktu 19 Menit

Setelah kontraknya bersama PSSI berakhir, Luis Milla memilih pulang kampung ke Negeri Matador. Selama tidak melatih, dia tetap berkecimpung di dunia sepak bola sebagai analis dan pengamat.

3. Marian Mihail

Profil Marian Mihail yang dikaitkan dengan PSS Sleman. (Facebook/marian mihail official)

Marian Mihail memang belum resmi mendapat pekerjaan di Indonesia. Namun, belakangan ini dia dirumorkan menjadi pelatih baru PSS Sleman. 

Juru taktik asal Rumania ini sebetulnya sudah cukup lama berstatus tanpa pekerjaan. Sebab, terakhir kali dia melatih ialah pada medio Desember 2017 hingga 2018 sebagai pelatih kepala klub Vietnam, FLC Thanh Hoa.

Namun, kiprahnya bersama klub Vietnam itu memang tak lama. Sebab, dia hanya tercatat memimpin sebanyak 10 pertandingan saja sebelum angkat kaki.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More