Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Singapura, Ilhan Fandi (kiri) selebrasi usai mencetak gol. (Instagram/@ilhanfa)

Bolatimes.com - Marselino Ferdinan mendapatkan dukungan dari striker Timnas Singapura, Ilhan Fandi, setelah meninggalkan KMSK Deinze untuk memenuhi panggilan Timnas Indonesia menjelang SEA Games 2023.

Sebagai informasi, Ilhan Fandi merupakan salah satu rekan setim Marselino Ferdinan di KMSK Deinze. Keduanya memang sama-sama berstatus sebagia pemain muda rekrutan klub Liga Belgia tersebut,

Marselino Ferdinan pun harus meninggalkan KMSK Deinze lebih cepat karena namanya menjadi salah satu pemain yang dibawa pelatih Indra Sjafri untuk menghadapi SEA Games 2023.

Baca Juga:
Profil Anderlecht, Klub Raksasa Belgia yang Kebobolan karena Assist Sandy Walsh

Ilfan Fandi menyelipkan dukungan untuk Marselino Ferdinan yang kini telah bertolak menuju Indonesia untuk bergabung dengan skuad Garuda Muda sebelum SEA Games 2023.

"Semoga sukses kawanku @marselinoferdinan10 Semua yang terbaik untukmu dan semoga selamat sampai tujuan! Sampai jumpa musim depan!" tulis akun @ilhanfa tersebut pada Minggu (23/4/2023).

Profil Ilhan Fandi

Baca Juga:
Sandy Walsh dan Shayne Pattynama Kompak Bikin Assist, Timnas Indonesia Bisa Makin Ngeri

Ilhan Fandi merupakan pesepak bola muda yang berasal dari Singapura. Dia tercatat lahir pada 8 November 2002. Meskipun usianya baru menginjak 20 tahun, dia sudah menjadi andalan Timnas Singapura.

Perjalanan awal Ilhan Fandi menimba ilmu sepak bola dimulai di Eropa. Setelah itu, dia meninggalkan Inggris untuk belajar di York.

Awalnya, Ilhan Fandi berlatih bersama i2i Football Academy yang memiliki hubungan kerja sama dengan klub Liga Inggris, Leeds United.

Baca Juga:
Tak Disangka Striker Singapura Dukung Marselino Ferdinan yang Akan Bela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Akademi ini juga menjalin kerja sama, baik dengan York College dan York St John University. Hubungan ini membantu para pemain dengan klub-klub profesional dan semi-pro.

Pada tahun 2019, dia memutuskan untuk pulang ke Singapura. Klub pertama yang menjadi tujuannya ialah Young Lions. Kesebelasan ini berada di bawah naungan Federasi Sepak Bola Singapura (FAS).

Setelah mencatatkan debut pada 7 Agustus 2019 melawan DPMM, Ilhan Fandi pun menjadi anak ketiga dari legenda Timnas Singapura, Fandi Ahmad, yang mencatatkan penampilan bersama Young Lions.

Baca Juga:
Coret Dony Tri Pamungkas dan Pilih Pemain Jebolan Liga 2, Indra Sjafri Ungkap Alasannya

Setidaknya, Ilhan Fandi menghabiskan tiga musim bersama Young Lions, yakni selama rentang musim 2019 hingga 2022. Setelah itu, dia sempat bergeser ke Albirex Niigata pada 21 April 2022.

Penampilannya bersama klub ini memang menghasilkan 14 gol. Dia pun tercatat sebagai Pemain Muda Terbaik Liga Super Singapura, peraih Pencetak Gol Terbaik, dan mencatatkan namanya di Team of the Year.

Dari sana, kiprahnya mulai tercium ke Eropa. KMSK Deinze pun merekrutnya pada 12 Desember 2022, tepatnya setelah berakhirnya Piala AFF 2022. Sayangnya, Ilhan Fandi mengalami cedera ACL dan harus istirahat selama enam hingga sembilan bulan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More