Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Mano Polking terima tawaran PSSI. (YouTube/Delan Channel)

Bolatimes.com - Belakangan ini muncul isu yang menyebutkan bahwa PSSI tengah membidik pelatih Timnas Thailand, Alexandre Mano Polking, untuk menjadi pelatih terbaru Timnas Indonesia. Bagaimana faktanya?

Salah satu pihak yang menyebarkan narasi bahwa PSSI tengah menjajaki kemungkinan Mano Polking melatih Timnas Indonesia datang dari kanal YouTube DELAN Channel.

“Timnas Full Senyum!! Mano Polking Terima Tawaran PSSI Latih Timnas – STY Full Senyum,” bunyi judul yang disematkan oleh kanal YouTube DELAN Channel dalam video unggahannya tersebut.            

Baca Juga:
CEK FAKTA: PSSI Sudah Punya Pengganti Justin Hubner, Lebih Moncer di Liga Inggris

Dalam videonya, DELAN Channel menyebutkan bahwa PSSI tengah berupaya untuk memberikan tawaran kepada Mano Polking untuk menggantikan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

“Indonesia sebenarnya masih menjajaki beberapa pelatih. Salah satunya adalah pelatih Timnas Thailand, Mano Polking,” bunyi narasi dalam video yang diunggah oleh kanal YouTube DELAN Channel tersebut.
PENJELASAN

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sudah membantah kabar miring yang menyebutkan bahwa pihaknya bakal mengontrak Mano Polking sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Erick Thohir Bertemu dengan Shin Tae-yong, Bahas Perpanjang Kontrak?

Menurutnya, kabar ini bisa mengganggu proses negosiasi antara PSSI dengan Shin Tae-yong yang tengah memasuki babak baru.

''Tanya ke Thailand, jangan-jangan ini adalah psywar menjelang SEA Games supaya terpecah belah, jangan termakan propaganda,'' kata Erick Thohir di Jakarta, Rabu (19/4).

''Ini bisa mengganggu pembicaraan kami dengan pelatih kita (Shin Tae-yong). Ini artinya sama sepertinya pelatih kita jadi saling diadu,'' lanjutnya.

Baca Juga:
SEA Games 2023 Belum Mulai, Ronaldo Kwateh Harus Berkutat dengan Cedera

Erick Thohir menegaskan bahwa informasi-informasi yang berkaitan dengan pelatih asal Jerman itu hanyalah sebatas gosip. Sebab, PSSI sama sekali tak melakukan pendekatan apa pun kepada Polking.

''Pembagian [kerja] Shin dan Indra Sjafri sudah disepakati. Kalau gosip-gosip itu, saya tidak pernah tahu dan tidak mengutus siapa pun untuk kontak (Polking),'' jelasnya.

KESIMPULAN

Baca Juga:
Bukan PHP, FIFA Pastikan Palestina akan Tanding Lawan Timnas Indonesia di Juni 2023 Mendatang

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kabar yang disebarkan oleh kanal YouTube DELAN Channel itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, PSSI sendiri sudah menegaskan bahwa pihaknya sama sekali tak berhubungan dengan Mano Polking. Saat ini, mereka tengah fokus membahas kelanjutan kerja sama dengan Shin Tae-yong.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa informasi, narasi, dan kabar yang diedarkan oleh kanal YouTube DELAN Channel itu dapat dikategorikan sebagai hoaks.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More