Irwan Febri Rialdi
Cek fakta PSSI temukan pengganti Justin Hubner. (YouTube/Delan Channel)

Bolatimes.com - Batalnya proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia-Belanda, Justin Hubner, belakangan ini memang memunculkan isu-isu. Salah satunya yakni PSSI sudah memiliki penggantinya. Bagaimana faktanya?

Baru-baru ini, kanal YouTube DELAN Channel mengunggah sebuah video yang menyebutkan narasi bahwa PSSI telah mendapatkan sosok pemain pengganti yang bakal dinaturalisasi untuk mengganti Justin Hubner.

“Hore PSSI Gembira!! Pengganti Justin Hubner Lebih Moncer di Liga Inggris – Ini Buktinya,” bunyi judul yang disematkan kanal YouTube DELAN Channel dalam video unggahannya tersebut.

Baca Juga:
Erick Thohir Bertemu dengan Shin Tae-yong, Bahas Perpanjang Kontrak?

Dalam video yang diunggah pada Rabu (19/4/2023) itu, kanal YouTube DELAN Channel menyebut bahwa sosok pemain yang dimaksud ialah Jairo RIedewald.

Pemain kelahiran Belanda ini disebut DELAN Channel bakal menjalani proses naturalisasi agar bisa memperkuat Timnas Indonesia. Bagaimana faktanya?

PENJELASAN

Baca Juga:
SEA Games 2023 Belum Mulai, Ronaldo Kwateh Harus Berkutat dengan Cedera

Sampai saat ini, PSSI masih belum memberikan pernyataan bahwa mereka akan mencari pemain keturunan lainnya yang akan dinaturalisasi untuk menggantikan Justin Hubner.

Sebab, PSSI memilih fokus untuk mengawal proses naturalisasi dua pemain keturunan lainnya, yakni Rafael Struick dan Ivar Jenner.

Tak hanya itu saja, tidak ada satu pun pernyataan dari Jairo Riedewald yang menyebutkan bahwa dirinya siap dinaturalisasi agar bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Bukan PHP, FIFA Pastikan Palestina akan Tanding Lawan Timnas Indonesia di Juni 2023 Mendatang

Hal ini tentu saja menjadi pertanyaan besar. Sebab, pemain berusia 26 tahun itu sudah sempat mencatatkan pertandingan bersama Timnas Belanda. Sejauh ini, dia sudah tampil sebanyak tiga kali bersama Timnas Belanda di level senior.

Dengan demikian, Jairo Riedewald sudah tak bisa memperkuat Timnas Indonesia kalau pun dia bersedia dinaturalisasi dan mendapatkan status WNI.

KESIMPULAN.

Baca Juga:
Hokky Caraka Dicoret Indra Sjafri dari Timnas Indonesia U-22, Media Vietnam Ikut Menyoroti

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi dan narasi yang disebarkan oleh kanal YouTube DELAN Channel itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, tidak ada satu pun pernyataan dari PSSI yang menyebutkan nama Jairo Riedewald sebagai sosok pemain incaran untuk dinaturalisasi.

Dengan demikian, informasi dan narasi yang diedarkan oleh kanal YouTube DELAN Channel itu dapat dikategorikan sebagai hoaks.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More