Irwan Febri Rialdi
Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto. (Instagram/@unesatv)

Bolatimes.com - Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, akhirnya menyusul deretan pesepak bola top di Tanah Air yang sukses mendapatkan gelar sarjana saat masih aktif berkarier.

Gelar sarjana itu didapatkan oleh Rachmat Irianto setelah berhasil melewati ujian sidang skripsi pada Selasa (18/4/2023), di Ruang Sidang Skripsi Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Sidang eks pemain Persebaya Surabaya itu pun sepertinya lancar. Terbukti, akun UnesaTV yang memberikan update sidang turut memberikan ucapan selamat.

Baca Juga:
3 Aksi Heboh Cristiano Ronaldo di Liga Arab Saudi, Pegang Alat Kemaluan hingga Piting Lawan

"Selamat atas pencapaiannya yaa, dan semoga tetap semangat terus untuk membela Timnas Garuda sampai juara," tulis akun @UnesaTV.

Sebelum munculnya nama Rachmat Irianto, sebetulnya sudah ada beberapa pesepak bola Indonesia yang sukses menyelesaikan studinya hingga mendapatkan gelar sarjana.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pesepak bola top Indonesia yang memiliki gelar sarjana selain Rachmat Irianto.

Baca Juga:
Siapa Menang? Ini 5 Alasan Real Madrid akan Singkirkan Manchester City di Semifinal Liga Champions

1. Yanto Basna

Nama pemain pertama yang sudah berhasil mengamankan gelar sarjananya saat masih aktif berkarier sebagai pesepak bola ialah Yanto Basna.

Bek tengah yang sempat meniti karier di sejumlah klub Thailand ini memang sempat menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Baca Juga:
Indra Sjafri Isyaratkan Elkan Baggott Absen di SEA Games 2023, Memaklumi Alasannya

Titel Sarjana Pendidikan (S.Pd.) itu didapatkan Yanto Basna pada Juni 2020. Saat mengikuti upacara wisuda, ia juga memperoleh predikat Cum Laude. 

2. Saddil Ramdani

Pemain andalan Timnas Indonesia yang kini berkarier di Liga Super Malaysia, Saddil Ramdani, ternyata juga memiliki gelar sarjana. 

Baca Juga:
Prediksi Sevilla vs Manchester United di Perempat Final Liga Europa Malam Ini

Hal itu diperoleh setelah Saddil menempuh pendidikan di program studi (Prodi) Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Angkatan 2018.

Pemain berusia 23 tahun ini dinyatakan sebagai wisudawan berprestasi untuk kategori non-akademik dari Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan (FPIEK) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo, Malang.

3. Boaz Solossa

Masa depan penyerang legendaris Timnas Indonesia, Boaz Solossa, jika suatu saat mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola memang bakal terjamin.

Pasalnya, setelah mendapatkan status sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kantor Otonomi Daerah Provinsi Papua, Boaz Salossa juga punya gelar yang mentereng.

Mantan pemain Persipura Jayapura ini baru saja menyelesaikan studi Magister Keuangan Daerah dari Universitas Cenderawasih. Dari kampus yang sama, ia sempat mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada 2013 silam.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More