Irwan Febri Rialdi
Jayden Oosterwolde, pemain yang tolak Timnas Indonesia kini gabung Fenerbahce. (Twitter/fenerbahce)

Bolatimes.com - Tiga pemain keturunan yang bersinar usai tolak Timnas Indonesia bakal dibahas Bolatimes dalam artikel kali ini.

Tak cuma dicari, ada beberapa pemain keturunan yang secara terang-terangan menyatakan tertarik untuk membela Timnas Indonesia.

Beberapa pemain keturunan bahkan sudah membela Timnas Indonesia, seperti Jordi Amat. Pun ada Sandy Walsh dan Shayne Pattynama yang proses naturalisasinya sudah rampung. 

Baca Juga:
Liga Indonesia Musim Depan! Suporter yang Rusuh, Poin Klubnya akan Dikurangi

Namun, ada pula beberapa pemain yang menyatakan menolak untuk membela Timnas Indonesia meski punya garis keturunan Indonesia.

Lantas, siapa saja pemain keturunan yang bersinar usai tolak Timnas Indonesia?

1. Jayden Oosterwolde

Baca Juga:
Tegas! Erick Thohir akan Langsung Degradasikan Klub yang Ketahuan Match Fixing, Wasit dan Pemain Dihukum Seumur Hidup

Pada tahun 2020 lalu, Yunus Nusi mengumumkan bahwa Jayden Oosterwolde menolak panggilan untuk membela Timnas Indonesia.

Bek yang baru saja pindah ke Fenerbahce dari Parma tersebut, lebih memilih membela Belanda. Shin Tae-yong sendiri sebelumnya mengungkapan bahwa Jayden adalah salah satu pemain idamannya.

Di musim 2022/23, Oosterwolde cukup mendapat kesempatan di Parma dengan tampil 19 kali sebelum diboyong oleh Fenerbahce dengan biaya 6 juta euro.

Baca Juga:
Gabung dengan Timnas Indonesia U-22, Begini Kata Pemain Muda Terbaik BRI Liga 1 2022/2023

2. Mees Hilgers

Mees Hilgers tidak jadi dinaturalisasi oleh Indonesia yang dikabarkan oleh eks Exco PSSI, Hasani Abdulgani. Padahal, bek FC Twente itu sebelumnya diprediksi bakal bisa bermain buat Timnas Indonesia.

Namun, disebutkan bahwa orang tua Mees Hilgers tidak memberikan restu anaknya menjadi WNI. Pasalnya, Indonesia hanya mengenal paspor tunggal, bukan dwi-kewarganegaraan seperti Belanda.

Baca Juga:
Jawaban Erick Thohir saat Ditanya dari Mana Uang Rp 2 M untuk PSM Makassar

Sempat mengalami cedera di awal Februari 2022, Mees Hilgers bangkit di musim 2022/23. Tercatat, Mees Hilgers sudah tampil 25 kali dan mencetak satu gol di Eredivisie.

3. Justin Hubner

Justin Hubner menjadi pemain keturunan terkini yang menolak bermain untuk Timnas Indonesia. Padahal, proses naturalisasinya hampir rampung.

Hal ini dikonfirmasi oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) Arya Sinulingga. Dia menyebut ada permintaan yang tak bisa dipenuhi PSSI sehingga proses naturalisasi Justin Hubner disetop.

Meski akhirnya menolak bermain untuk Timnas Indonesia, karier Justin Hubner terbilang meningkat belakangan ini. Ia mencatatkan 16 penampilan buat Wolverhampton U-21 musim ini.

Selain itu, bek berusia 19 tahun tersebut dipanggil memperkuat Belanda U-20 dan dipercaya untuk tampil penuh saat mengalahkan Prancis U-20 2-1 di laga uji coba.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More