Rauhanda Riyantama
Morodok Techo Stadium, salah satu venue untuk Piala AFF U-23 2022. (LON JADINA / AFP)

Bolatimes.com - SEA Games 2023 menjadi disi ke-32 sepanjang sejarah gelaran, Kamboja kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga bergengsi Asia Tenggara ini.

SEA Games 2023 Kamboja digelar pada 5-17 Mei 2023, mempertandingkan 36 cabang olahraga (cabor) di berbagai lokasi dengan 11 negara kontestan.

Stadion Nasional Morodok Techo dipilih sebagai lokasi utama gelaran ini, mulai dari pembukaan, agenda pertandingan hingga penutupan SEA Games 2023.

Baca Juga:
Siapa Hiba Abouk, Wanita yang Ceraikan Achraf Hakimi demi Harta Gono-gini

Bukan tanpa alasan mengapa stadion ini dipilih, memiliki kapasitas terbesar dan arsitektur desain yang sangat merepresentasikan Kamboja.

Profil Stadion Nasional Morodok Techo

Terletak di pinggir utara ibu kota Kamboja, Phnom Penh yang dulunya dikenal sebagai wilayah pertanian.

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Pekan Ini, Tontonan saat Lebaran

Seiring perkembangan jaman, daerah tersebut berkembang menjadi kota metropolitan dengan perumahan-perumahan.

Menariknya pembangunan stadion ini didanai Pemerintah China dengan dana yang dikeluarkan mencapai 150 juta dolar AS.

Kontraktor yang mengerjakan proyek pembangunan stadion ini berasal dari China, yakni China State Constructtion Engineering Corporation.

Baca Juga:
Dapat Pujian dari 3 Media Portugal usai Bawa PSM Makassar Juara BRI Liga 1 Bernardo Tavares Beri Respons Begini

Hal ini tak lepas dari lekatnya hubungan persaudaraan lama antara China dan Kamboja, peletakkan batu pertama dilakukan pada 4 April 2017.

Pembangunan dimulai empat bulan setelahnya, pada 2013 dibangun kolam renang berkapasitas 6 ribu kursi dan gedung olahraga berkapasitas 15 ribu penonton.

Saat ini area yang dibangun itu terkenal dengan sebutan Kompleks Olahraga Nasional Morodok Techo dibuka secara resmi pada 18 Desember 2021.

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Garuda Select vs Arsenal, Pernah Dibantai 2-7

Daya tarik stadion ini adlaah gaya arsitektur dan desainnya, tersinpirasi dari motif kapal layar yang erat hubungannya dengan sejarah Kamboja.

Diawali bangsa Tionghoa yang berlayar ke wilayah Kamboja menggunakan perahu, hingga negara dengan nama itu berdiri.

Morodok Techo Stadium memiliki kapasitas sekitar 60 ribu kursi, dibangun sekitar 82 ribu meter persegi di tanah seluas lebih dari sekitar 16 hektare.

Titik tertinggi stadion ini mencapai 99 meter, ditandai dengan tiang penyangga atap, tiang yang ada juga sebagai simbol gerakan sampeah.

Yakni bentuk salam atau rasa hormat masyarakat Kamboja, menariknya stadion ini juga dikelilingi parit bergaya angkor disertai dekorasi bunga Rumduol.

Selain sebagai tempat opening SEA Games 2023, Stadion Nasional Morodok juga dipakai menggelar closing ceremony.

Akan tetapi stadion ini tidak akan digunakan untuk menggelar cabor sepak bola SEA Games 2023, cabor ini akan digelar di 4 stadion lain.

Di antaranya  Olympic Stadium, Prince Stadium, RSN Stadium, dan RCAF Stadium.

Kontributor: Eko
Load More